251 Mahasiswa Fikkes Unimus Ikuti Upacara Ucap Janji

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG, KRJOGJA.com – Sebanyak 251 mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang (Fikkes Unimus) menjalani ucap janji sebagai tenaga kesehatan (terutama perawat dan bidan), Rabu (9/6/2021).

Pelaksanaan ucap janji ini dilakukan secara daring dipimpin Dekan Fikkes Dr Ali Rosidi sKM Msi dengan dihadiri para wakil dekan, para kaprodi di lingkungan Fikkes dan para dosen. Peserta 251 mahasiswa terdiri 63 prodi D3 Keperawatan, 16 prodi Kebidanan dan 172 prodi S1 Keperawatan.

Setelah upacara ucap janji, peserta mengikuti kuliah umum dengan topik “Etika profesi tenaga Kesehatan dalam pelaksanaan praktek klinik dan kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan praktek klinik mahasiswa di tengah pandemic covid – 19” dengan narasumber Istirochah SSiT BD MKes dan dr Mochamad Abdul Hakam SPPD (Kepala dinas Kesehatan Kota Semarang).

“Ucap janji merupakan tahap awal yang harus dilalui mahasiswa Kesehatan terutama program studi Keperawatan dan Kebidanan sebelum memasuki dunia profesi untuk melakukan praktek klinik Rumah Sakit dan Layanan Kesehatan. Upacara ini momentum meningkatkan semangat dan pengalaman terhadap tugas pokok dan fungsi sebagai perawat dan bidan yang akan terjun ke tengah masyarakat. Sehingga momentum ini untuk meningkatkan performa tenaga Kesehatan sebagia layanan masyarakat” ujar Dekan Fikkes Dr Ali Rosidi.

Menurut Dekan Fikkes, ucap atau sumpah janji tersebut diharapkan bisa membekali mahasiswa calon tenaga Kesehatan yang akan terjun ke lapangan menerapkan bagaimana etika yang baik dalam menjalankan tugas pokok yang diberikan. Juga mengamalkan janji yang sudah di ucapkan, menjaga kerahasiaan pasien dan ketentuan lain yang berhubungan dengan tenaga kesehatan. (sgi)

 

BERITA REKOMENDASI