286 Tumpeng Ramaikan HUT Kabupaten Kendal

KENDAL, KRJOGJA.com – Sebanyak 286  tumpeng berjejer-jejer memutari alun-alun Kendal pada Sabtui (20/7) guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kendal ke 414. Selanjutnya, tumpeng disantap bersama masyarakat.

Asisten Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Kendal, Tavip Purnomo mengatakan ratusan tumpeng itu dihadirkan dari tiap desa dan kelurahan di Kendal. Tiap desa dan kelurahan itu menghias nasi tumpeng sekreatif mereka. "Tak hanya nasi kuning saja yang disiapkan, ragam lauknya seperti perkedel, kering tempe dan ayam ingkung juga disajikan. Selanjutnya nasi tumpeng ini akan disantap oleh semua masyarakat yang hadir di acara itu," ujarnya.

Nasi kuning tumpeng sendiri dalam adat jawa merupakan hidangan yang disajikan pada setiap acara syukuran dan setelah dipotong maka nasi kuning itu akan dibagi dan disantap oleh para masyarakat yang hadir. "Ini bentuk syukur para seluruh warga Kendal atas Hari Ulang Tahun Kabupaten Kendal ke 414. Selanjutnya nasi ini akan disantap bersama-sama," tuturnya

Kepala Desa Blimbing, Boja Sutrisno mengatakan pada pesta tumpeng ini pihaknya menunjukan tumpeng yang bentuknya berundak-undak yang ditengahnya diberi hiasan seperti sungai irigasi yang mengalir di tengah desanya. Sungai irigasi ini merupakans salah satu destinasi wisata tubing di Kabupaten Kendal. "Bikinnya tadi pagi, setelah semua siap kami bawa ke Alun-alun, baru kami hias yang cantik," ujar Sutrisno. (Ung)

BERITA REKOMENDASI