3 Pedagang Positif Covid, Pasar Karangayu Ditutup Tiga Hari

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan sidak di Pasar Karangayu Kota Semarang, yang ditutup selama tiga hari mulai Senin (8/6) hingga Rabu (10/6). Sidak dilakukan untuk memastikan penanganan pasar usai ditutup karena ditemukannya tiga orang positif covid-19.

Saat Ganjar datang, kondisi pasar sudah sepi. Pintu masuk pasar ditutup menggunakan garis kuning bertuliskan larangan masuk. Di dalam pasar, tidak ada satupun aktivitas jual beli yang dilakukan. Meski begitu, Ganjar tetap blusukan ke dalam pasar untuk mengecek situasi. Kondisi pasar yang kumuh, kotor dan tidak teratur menjadi perhatian Gubernur.

“Tim gugus Covid Kota Semarang menemukan adanya tiga pedagang di pasar Karangayu yang positif covid, setelah dilakukan tes PCR massal. Saya apresiasi Wali Kota Semarang yang bersikap tegas dengan menutup pasar ini selama tiga hari. Tiga hari ini saya minta ke pengelola pasar untuk melakukan penataan,” tegas Ganjar Pranowo.

Gubernur minta pengelola pasar Karangayu untuk membersihkan semua lapak yang terlihat kumuh itu. Lapak yang berhimpitan harus diatur jaraknya menggunakan pembatas. Penataan jarak juga harus dilakukan bagi pedagang di luar pasar. Pembuatan garis pembatas harus dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pedagang dan pembeli.

“Silahkan dibuat garis-garis untuk mengatur jarak pedagang. Yang tidak disiplin, ditindak tegas saja. Kalau di dalam pasar kurang, bisa menggunakan ruas jalan depan pasar, biar nanti dinas perhubungan dan kepolisian bisa membantu mengatur lalulintasnya,” ujar Ganjar Pranowo.

BERITA REKOMENDASI