300 Ribu Siswa Bakal Tanam Padi di Polybag

KENDAL, KRJOGJA.com – Guna Untuk menambah produksi padi dan mengenalkan siswa akan tanaman padi, Pemkab Kendal membuat program satu siswa satu tanaman padi. 

Program ini sekaligus pengenalan kepada siswa cara bercocok tanam. Penanaman padi ini tidak disawah namun di polybag dan berada di halaman sekolah. 

"Saat ini banyak siswa yang tidak tahu apa itu padi, di Jakarta siswa tahunya padi adalah pohon nasi, dan di Kendal saya tidak ingin siswa tidak mengenal padi, makanya kami memprogramkan satu siswa menanam satu padi,"ujar Mirna.

Bupati saat di SMPN 1 Kendal Kamis (07/11/2017) mengatakan programini wajib bagi siswa SD dan SMP se Kabupaten Kendal. Pemkab menyediakan binit padinya dan nanti jika sudah panen pemkab Kendal yang akan membeli hasil padinya. 

"Kami menyediakan bibitnya dan jika panen kami juga akan membeli sebagai wujud tanggungjawab kami. Hasil pendapatan kami kembalikan ke sekolah dan kami minta untuk digunakan untuk membantu siswa tidak mampu,"lanjut Mirna.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal Agus Rifai menjelaskan jumlah siswa SD dan SMP di Kabupaten Kendal ada 300 ribu siswa. Karena itu, berharap hasil tanaman siswa ini bisa membantu penyediaan pangan di Kabupaten Kendal. (Ung) 

BERITA REKOMENDASI