33 Juta Warga DIY-Jateng Ikut JKN-KIS

UNGARAN, KRJOGJA.com – Hingga Juli 2021 lebih dari 33 juta (83 persen) warga DIY-Jateng telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional/Kartu Indonesia Sehat (JKN/KIS). Saat ini BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jateng-DIY terus berupaya mencapai target Cakupan kesehatan semesta atau Universal health Coverage (UHC) sebanyak 95 persen pada 2024.

Hal tersebut diungkapkan Asisten Deputi Bidang Penilaian Kinerja Kantor Cabang (PKKC) BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jateng-DIY Upik Handayani dalam media gathering BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jateng-DIY di The Wujil Resort and Convention Ungaran Semarang Jawa Tengah, Senin (20/9/2021). Sampai saat ini masih ada 7,1 juta warga di DIY-Jateng yang belum menjadi peserta JKN/KIS.

“Upaya tentu terus kita lakukan. Mengingat pentingnya menjadi peserta JKN/KIS. Namun, kita tidak boleh melupakan yang 33 juta itu. Jangan sampai menunggak, sehingga tidak dapat menikmati manfaat,” ujarnya.

Dari 33 juta peserta tersebut, komposisi terbesar ada di segmen PBI APBN (53 persen), Pekerja Penerima Upah atau PPU (24 persen), Pekerja Bukan Penerima Upah/PBPU atau peserta mandiri (13 persen), PBI APBD (8 persen) dan Bukan Peserta atau BP seperti pensiunan (2 persen).

BERITA REKOMENDASI