33 Juta Warga DIY-Jateng Ikut JKN-KIS

Sementara itu berdasarkan biaya pelayanan kesehatan yang telah dikeluarkan BPJS Kesehatan hingga Juli 2021 sebesar Rp 8,8 triliun. Paling besar untuk Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) Rp 4,384 miliar, Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) Rp 2,968 milar, Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) Rp 1,357 miliar Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP) Rp 86 juta dan promotif preventif Rp 54 juta. Untuk jumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di DIY-Jateng sebanyak 3.339 FKTP dan 353 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Hingga Agustus 2021 rata-rata capaian kolektibilitas untuk segmen PBPU terus meningkat. Jika pada Januari kemarin hanya 39,43 persen, Februari langsung meningkat tajam hingga 75,49 persen. Capaian tersebut terus naik hingga Agustus dengan 78,39 persen.

“Kami terus berupaya untuk mengatasi tunggakan iuran di segmen PBPU atau peserta mandiri. Mulai dari kemudahan pembayaran dengan menyediakan berbagai kanal pembayaran, sistem autodebet hingga reminder ke peserta,” jelas Deputi Direksi BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jateng-DIY Dwi Martiningsih di dampingi Asisten Deputi Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Wahyu Giyanto. (Awh)

BERITA REKOMENDASI