3CM Center Berbagi: Pelatihan Pembelajaran Daring Inovatif Berbasis 3CM Learning

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 menjadi tantangan dan juga peluang bagi dunia pendidikan. Kegiatan belajar tidak lagi dapat dilakukan dalam bentuk tatap muka biasa tetapi harus dilakukan secara daring. Hal ini sesuai kebijakan Kemendikbud RI yaitu Belajar Dari Rumah (BDR) dengan cara daring (Surat Edaran Mendikbud RI nomor 3 tahun 2020 dan Surat Sekjen Mendikbud nomor 35492/A.A5/HK/2020).

Perubahan cara belajar yang sangat tiba-tiba ini, membuat guru mengalami kesulitan dalam menyiapkan maupun melaksanakan pembelajaran. Kemampuan merencanakan pembelajaran daring masih menjadi kendala bagi guru dan sekolah. Belum lagi tuntutan pembelajaran yang harus berorientasi pada peserta didik dengan aktivitas kritis, kreatif, kolaborasi dan juga komunikasi. Bukan hal yang mudah untuk dilakukan, menjadi tantangan bagi guru dan sekolah untuk terus mengupgrade diri, melihat segala kemungkinan, mencari solusi dan berinovasi.

Berdasarkan kondisi tersebut, 3CM Center (Cool-Critical-Creative-Meaningful Center) Salatiga hadir untuk memberikan wacana baru pembelajaran daring dan memberikan pendampingan untuk guru, sekolah dan peserta didik. 3CM Center merupakan Pusat Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran dengan mengusung konsep belajar Cool-Critical-Creative-Meaningful (Asik-Kritis-Kreatif-Bermakna).

“Belajar harus asyik, menyenangkan, tetapi juga harus menantang, memberi peluang peserta didik untuk kritis dan kreatif serta harus memberi makna kepada peserta didik untuk mengembangkan karakter baik dan pembiasaan baik. Hasil akhir proses belajar dengan model ini berupa orang-orang kritis, kreatif dan berkarakter dengan jiwa mandiri yang mampu menghasilkan inovasi serta memberikan dampak dan manfaat bagi orang lain” ujar Ketua 3CM Center Dr Wahyudi SPd MPd kepada pers di Semarang, Senin (14/6/2021).

Menurutnya, pembelajaran model 3CM learning tidak hanya berfokus pada 2 ketrampilan tingkat tinggi (kritis dan kreatif) tetapi juga memberikan dampak pengiring yang terkait dengan kemampuan komunikasi dan kolaborasi serta kebermaknaan dalam belajar sebagai pembentuk sikap baik. Kegiatan belajar dengan model 3CM learning  memberikan kesempatan peserta didik berkolabarasi (kooperatif) dan juga memberikan kesempatan untuk beragumen dengan menghasilkan dan menyampaikan karya kreatif serta mengambil makna dari karya kreatif yang dihasilkan dan hasil belajar yang diperoleh. 3CM Center juga melayani beragam bidang ilmu tidak hanya matematika. Bidang ilmu/mata pelajaran bisa beragam/berbeda tetapi rohnya sama yaitu 3CM learning, yang membedakan adalah strategi ilmplementasinya yaitu menyesuaikan karakteristik bidang ilmu/mata pelajaran.

3CM Center digagas oleh Dr Wahyudi SPd MPd, dosen sekaligus Wakil Dekan FKIP UKSW dengan anggota Tri Nova Hasti Yunianta MPd, Erlina Prihatnani SSi MPd, Dani Kusuma MPd, Kristina  Roseven Nababan SPd MHan, Anisa Rizki Amalia S Pd, Bella Ayu Permatasari SPd, Cindy Aprillya Sidarta SPd, Bagas Prima Kristanto SPd. Dengan konsep belajar ini akan memberikan harapan dan pengalaman baru bagaimana pembelajaran daring tetap dapat dilakukan dengan cara yang inovatif, sehingga memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan dapat dilihat di chanel youtube 3CM center || ccti production.

BERITA REKOMENDASI