4 Mahasiswa Tiongkok Studi di Unwahas

SEMARANG,KRJOGJA.com- Empat mahasiswa (putri) Jurusan Bahasa Asing (Foreign Studies) Universitas Tianjin Tiongkok (Cina) selama dua semester  ke depan mengikuti perkuliahan di Universitas Wahid Hasyim (Unwashas). Mereka akan mempelajari  bahasa Indonesia, budaya, Pancasila, Islam Aswaja dan lain lain.

Rektor Unwahas Prof Dr Mahmutarom SH MH didampingi Wakil Rektor (WR) I Dr Mudzakir Ali MA , WR III Dr Andi Purwono dan Sekretaris Kantor Urusan Internasional (IOP) Unwahas Adi J Purwanto MA saat menerima mereka di kampus II Unwahas kalipancur, Rabu (21/8/2019) menyatakan keempatnya belajar di Unwahas lewat program Nusantara Fellowship (Beasiswa Nusantara) yang diberikan Unwahas. 

“Program beasiswa ini tindak lanjut kerjasama Unwahas dengan Tianjin University dan Konjen Tiongkok di Surabaya yang sudah berlangsung lebih dari 5 tahun. Sudah cukup banyak dosen Unwahas studi S2, S3 ataupun short course di Cina dengan dukungan pemerintah Cina dan Tianjin University dan pemberian beasiswa pada 4 mahasiswa Tiongkok ini sebagai bagian kerjasama tersebut. Selain belajar bahasa dan budaya Indonesia, mereka akan belajar tentang Pancasila, prinsip ajaran Islam Ahlus Sunnah wal jamaah (aswaja)  bercirikan toleran, moderat, seimbang dan berkeadilan” ujar Mahmutarom.

Empat mahasiswa asal Tiongkok (Gu Yan Hao, Zhao Wen Jing, Wu Jingiu, dan Li Yiru) akan tinggal di asrama kampus Unwahas bersama para mahasiswa asing lainnya (Afganistan, Irak, Thailand, Filipina, Timor Leste dan lain-lain). Selain mengikuti kuliah, mereka juga akan mengajar bahasa Cina untuk sivitas Unwahas serta mengikuti Uji Kompetensi Bahasa Indonesia (UKBI) khusus untuk penutur asing.

Kehadiran 4 mahasiswi Tiongkok ini, tambah Prof Dr Mahmutarom SH MH, selain bermanfaat bagi sivitas Unwahas  juga mempererat hubungan kedua negara lewat rajutan people to people. Baik mahasiswa Unwahas ataupun mahasiswa Tianjin saling belajar bahasa dan budaya negara partner yang menjadikan kedua belah pihak semakin meningkat hubungan kerjasamanya. (sgi)

 

 

BERITA REKOMENDASI