51 Apoteker Baru Unwahas Diambil Sumpah

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com- Program Studi Profesi Apoteker Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) menyelenggarakan upacara Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker Angkatan XVIII di Semarang, Kamis (4/11/2021).

Prosesi pengambilan sumpah dilaksanakan oleh 51 orang calon apoteker. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas Wahid Hasyim Prof Dr KH Mudzakkir Ali MA dan dilanjutkan prosesi pengucapan lafal sumpah yang dipimpin apt Drs Bambang Triwara SpFRS sebagai perwakilan dari Komite Farmasi Nasional(KFN). Acara sumpah disaksikan apt Lilik Yusuf Indrajaya SE SSi MBA (perwakilan Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia) serta apt Prapto SSi (perwakilan Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Jawa Tengah) dan Riptieni Tri Lutiarsi SKM MKes (perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah).

Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia dalam sambutannya menyampaikan apoteker harus memiliki pengetahuan mengenai minimal 144 jenis obat untuk 144 jenis penyakit. Selain itu, soft competency juga harus dimiliki oleh apoteker di antaranya berupa leadership, manager, collaboration dan networking.

Tak lupa juga perwakilan Komite Farmasi Nasional mengingatkan apoteker yang berpraktek wajib memiliki STRA (Surat Tanda Register Apoteker). Sistem elektronik berupa e-STRA akan disediakan guna mempercepat pengurusan penerbitan STRA dan adanya transparansi proses.

Di akhir acara, Rektor Universitas Wahid Hasyim menyampaikan jika ingin sukses di masa depan maka harus menjadi unggul, untuk menjadi unggul maka harus expert dan supaya menjadi expert maka harus memiliki nilai-nilai karakter yang menjadi visi Unwahas. Masa berakhir STRA 5 tahun, artinya belajar itu tidak ada akhirnya karena tiap 5 tahun akan selalu diperbaharui kompetensinya sesuai perkembangan pengetahuan. (sgi)

BERITA REKOMENDASI