7.071 Mahasiswa Baru Pramuka Wijaya Unnes Gelorakan Nasionalisme

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Semangat 7.071 mahasiswa yang baru saja tergabung dalam Pramuka Wijaya Universitas Negeri Semarang (Unnes) tergolong luar biasa dalam menggelorakan semangat nasionalisme dan patriotisme. Mereka melakukan aksi Ring of Scout atau berjalan mengelilingi area kampus Sekaran Gunungpati, Semarang sepanjang 8 Km (4 Km x 2 putaran) sambil menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dengan melambaikan bendera Merah Putih, Sabtu (24/08/2019).

Ketua Harian Pramuka Wilayah Sekaran Semarang, Nurohmat Isdaryanto mengatakan, gerakan Ring of Scout merupakan kegiatan Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi (OKPT) dalam memupuk persatuan dan kesatuan bangsa. “Pramuka itu sudah disebutkan dalam lagu Indonesia Raya yaitu Pandu, maka tugas dari Pramuka adalah untuk selalu menjaga negeri ini dengan cara Persatuan Indonesia,” kata Isdaryanto.

Menurutnya, Ring of Scout sebagai gambaran untuk terus menjaga persatuan Indonesia yang tahun ini dicipta melalui orientasi kepramukaan perguruan tinggi dimana OKPT merupakan program satu-satunya di dunia yakni pengenalan pramuka di Perguruan Tinggi dengan jumlah mahasiswa yang terbanyak.

Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) pun memberikan apresiasi atas aksi yang digelar 7.071 mahasiswa baru Unnes tersebut dengan menetapkan sebagai rekor Ring of Scout dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan perjuangan dalam kegiatan Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi oleh mahasiswa berseragam pramuka terbanyak.

“Kami mengapresiasi sekali kegiatan seperti ini, karena menjadi inspirasi bagi kita semua baik di kampus maupun masyarakat secara umum,” ujar Ketua Umum dan Pendiri Leprid, Paulus Pangka SH.

Menurutnya, dalam semangat gerakan moral kebangsaan melalui kegiatan kepramukaan dengan Ring of Scout atau berjalan mengelilingi kampus sejauh 4 km x 2 putaran sangat layak untuk diapresiasi. Apalagi mereka melakukannya dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan sambil melambaikan bendera Merah Putih.

“Kegiatan hari ini menjadi rekor yang ke-16 bagi Unnes. Sebelumnya Unnes telah menciptakan maupun memecahkan sebanyak 15 rekor Leprid,” paparnya. (Cha)

BERITA REKOMENDASI