769.484 Warga Pemalang Nikmati KIS, Pemerintah dan Rakyat Harus Bersatu

PEMALANG, KRJOGJA.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Ir Siti Nurbaya Bakar Sc dan Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi menghadiri dialog nasional bertajuk 'Sukses Indonesia-ku' di Rest Area Bale Gandrung Desa Gambuhan Kecamatan Pulosari Kabupate Pemalang, belum lama ini.

Siti Nurbaya mengajak masyarakat menyelesaikan masalah bersama-sama. Misalnya masalah kekeringan dan kesehatan yang merupakan hal penting. Pemerintah fokus menangani masalah ini dengan memberikan jaminan layanan kesehatan kepada 93,9 juta warga melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS). Di Jawa Tengah sendiri ada 15,6 juta pemegang KIS dimana diberikan kepada 769.484 warga Pemalang dan lebih dari 769  di Kabupaten Tegal. 

"Hal ini begitu pentingnya kesehatan menurut Presiden dan kita semua. Di bidang pendidikan, Presiden sudah menegaskan jangan sampai ada putus sekolah untuk anak berusia 6-12 tahun. Yang putus sekolah diharapkan bersekolah kembali dengan memberkan Kartu Indonesia Pintar (KIP)," paparya.

Dengan KIP, kata Siti Nurbaya pemerintah memberikan dukungan dana sebesar Rp 225 ribu bagi anak kelas 1 sampai kelas 6 SD. Secara nasional sasaranya sampai 17,9 juta. Di Jawa Tengah sebanyak 10 juta untuk SD,  4 juta SMP dan seterusnya.

"Intinya Presiden mau anak Indonesia sehat dan pintar Ibu hamil dan keluarga diperhatikan termasuk soal kemiskinan.  Pemerintah menjaga ibu hamil, ibu menyusui, pengurusan balita,  pendidikan untuk lanjut usia. Namanya kalau di pemerintah adalah program keluarga harapan," tegasnya.

Siti Nurbaya menegaskan Presiden selalu menitipkan empat pesan kepada para menteri untuk mengutamakan rakyat dan kedepankan keadilan. Lalu, kerja harus efisien dan pemerintah bersama masyarakat harus semakin kuat di era persaingan saat ini. "Keempat kita harus kreatif punya inovasi berjiwa wirausaha. Melalui dialog ini, kami mengajak kepada semua masyarakat untuk mendukung program yang dilakukan pemerintah dan bersama-sama melaksanakan pesan Bapak Presiden," tambahnya.
 
Mentri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi  mengaku terharu karena keinginan warga masyarakat sangat besar untuk hadir dan mendapatkan informasi apa yang dilakukan oleh pemerintah.  

"Kita harus tingkatkan kebanggaan pada Bangsa Indonesia, karena Indonesia besar dan kita dapat kepecayaan menjadi pemerintah yang dipercaya secara Internasional. Kita harus jadi bangsa yang kompetitif,  bangsa pemenang dan itu yang kita harus lakukan," ungkapnya.

Dialog diselingi dengan kesenian campursari, yang dibawakan oleh Didi Kempot. Selain dialog nasional, dilaksanakan juga pameran pembangunan, pembagian bibit buah sampai pembagian door prize. Setelah selesai dialog dengan warga, Menhub RI Ir Budi Karya Sumadi mengunjungi Ponpes Ma'hadut Tholabah, dan Menteri LHK RI  Dr Ir Siti Nurbaya Bakar Sc mengunjungi SMAN 2 Kabupaten Tegal. (*)

BERITA REKOMENDASI