Agama, Budaya, dan Etika Bekal Penting Era Disrupsi

SEMARANG,KRJOGJA.com – Fakultas Agama Islam Unissula Semarang menggelar Seminar Nasional  “Islam di Era Disrupsi: Peluang dan Tantangan” di Semarang akhir pekan lalu. Seminar yang dibuka Plh Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD ini menampilkan pembicara kunci Prof Dr Arskal Salim GP MAg (Direktur  Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Dirjen Pendidikan Islam Kemenag), Koordinator Kopertais X Jateng Prof Dr Imam Taufiq MAg.

Prof Dr Imam Taufiq MAg menyampaikan di era ini kita mendapatkan tantangan yang luar biasa, tantangan dari sisi kemanusiaan dari manusia itu sendiri. Sehingga perguruan tinggi Islam memegang peran sangat penting, tidak hanya mencetak sumber daya yang tangguh dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang, tetapi juga harus menjadi rujukan umat.

Dalam sambutannya, Plh Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD menyampaikan bahwa Fakultas Agama Islam Unissula siap mengawal lahirnya sumberdaya unggul untuk menghadapi era disrupsi dengan berbekal agama, budaya, dan etika.

Sedangkan Prof Dr Arskal Salim GP MAg menyatakan gagasan tetang Islam washathiyah (Islam moderat) penting untuk terus digaungkan guna menangkal paham radikalisme. Oleh karenanya, kegiatan seminar nasional penting untuk para dosen dan peneliti berkumpul berdiskusi dalam menjawab problematika umat saat. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI