Agar Selalu Ingat, Warga Bangun Tugu Garuda Pancasila

SEMARANG, KRJOGJA.com – Cara warga Perumahan Pasadena Kecamatan Ngaliyan Semarang dalam mendekatkan warganya dengan nilai dan ideologi Pancasila, Selasa (1/6/2021) diapresiasi Walikota Semarang H Hendrar Prihadi.

“Saya sangat mengapresiasi warga Perumahan Pasadena yang mendirikan bangunan Tugu Garuda Pancasila sebagai monumen untuk mendekatkan dan menanamkan nilai dan jiwa ideologi bangsa, yakni Pancasila kepada warganya. Dengan adanya Tugu Garuda Pancasila, diharapkan bukan sekadar simbol negara, melainkan ada semangat penanaman jiwa Pancasila di setiap warga,” kata Hendrar Prihadi usai meresmikan dengan penandatanganan prasasti serta membuka selubung didampingi Ketua DPRD Kota Semarang, Kadarlusman.

Hendi, panggilan akrab Hendrar Prihadi mengungkapkan bahwa Pancasila sebagai Ideologi dan Pandangan Hidup bangsa Indonesia merupakan perjanjian luhur dan kebulatan tekad dalam penyelenggaraan suatu bangsa dan negara. Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 bukan mulus-mulus saja dan berlangsung singkat. Perbedaan pandangan tentu ada, karena bangsa ini terdiri dari banyak suku, agama dan perbedaan lainnya. Namun demikian karena kebulatan tekad dalam mewujudkan Indonesia, maka perbedaan-perbedaan bisa disadari sebagai suatu Rahmad yang tidak perlu dipertentangkan. Bhinneka Tunggal Ika, menjadikan semua sepakat untuk mencapai satu tujuan.

“Oleh karena itu kalau kita sekarang ini mengingkari atau bahkan ribut karena perbedaan, maka kita sama saja berjalan mundur. Akan sia-sia perjuangan para leluhur kita mendirikan bangsa ini,” tegas Hendi.

BERITA REKOMENDASI