Air Siap Minum Kini Tersedia di Kendal, Bupati Membuktikan Sendiri

KENDAL, KRJOGJA.com – Air siap minum kini sudah ada di Kabupaten Kendal, tanpa harus memasak air pemerintah Kabuupaten Kendal sudah menyediakan di dua titik strategis. Air bersih yang melalui proses reverse osmosis dapat langsung diminum oleh warga secara cuma-cuma.

Bupati Kendal Mirna Annisa malahan langsung meminumnya dari kran sekaligus meresmikannya. Pihaknya berharap, kran air siap minum ini ditambah dan ditempatkan ditempat lain di seluruh Kendal agar warga bisa mendapatkan air bersih siap minum dengan murah.

Dua kran air siap minum yang dikelola PDAM Tirto Panguripan Kendal berada di alun-alun Kendal depan GOR Bahurekso dan di depan Taman Klorofil Kota Kendal. Air siap minum ini sudah melalui proses reverse osmosis jadi di alat tersebut menggunakan tiga filter dengan isi dan membran yang berbeda sehingga air sudah layak dikonsumsi.

Kran air siap minum yang kedua di Taman Klorofil sendiri, Minggu (23/02/2020) pagi diresmikan penggunaannya oleh Bupati Kendal Mirna Annisa. Bupati langsung mencoba meminum air dari kran dan warga bisa menikmatinya secara cuma-cuma.

Bupati mengatakan, air dari kran ini rasanya seger tidak bau dan bisa langsung diminum. “Saya berharap kran air siap minum ini dibangun di seluruh Kendal, karena ini sebagai upaya pelayanan murah kepada masyarakat. Apalagi air bersih merupakan kebutuhan sehari-hari sehingga kalau bisa mudah dan murah kenapa warga harus membayar,” jelasnya.

Sementara itu Direktur PDAM Tirto Panguripan, Sunanto menjelaskan bahwa saat ini baru ada dua kran air siap minum yang sudah dibangun. “Satu berada di sekitar alun-alun Kendal di depan GOR Bahurekso dibangun tahun 2019 dan tahun 2020 ini dibangun lagi di Taman Klorofil Kendal,” jelas Sunanto.

Ditambahkan pihaknya berencana akan membuat kran air siap minum serupa di tempat-tempat strategis di Kabupaten Kendal dengan harapan warga bisa menikmati air bersih dengan mudah dan murah. “Rencananya kita akan buat di tempat-tempat stategis di seluruh Kabupaten Kendal,” lanjutnya.

Dalam memperingati ulang tahun ke 34 PDAM juga memiliki laba sesuai dengan target yaitu Rp. 8 Miliar. Sementara untuk sambungan baru pihaknya menargatkan setiap tahun ada 5 ribu pelanggan baru.

PDAM Kendal sendiri terus berupaya mengurangi tingkat kebocoran air dengan mengganti pipa-pipa yang lama. Usai meresmikan penggunaan kran siap air minum, Bupati Kendal Mirna Annisa melepas peserta jalan sehat dalam rangka HUT PDAM Tirto Panguripan yang ke 34 yang diikuti 15 ribu peserta.(Ung)

BERITA REKOMENDASI