All New Terios Kini Telah Hadir di Jateng

SEMARANG, KRJOGJA.COM – Meski kali sebelumnya kehadiran mobil Daihatsu All New Terios diperkenalkan di Yogyakarta, namun pasar otomotif Jawa Tengah sudah banyak yang ancang-ancang, bahkan melirik mobil baru pengembangan varian Terios ini.

Regional Head PT Astra Internasional Daihatsu Semarang, David Gunawan kepada pers di Semarang, Jumat (1/12/2017) lalu mengatakan begitu kali pertama diluncurkan di Jakarta pada 23 November lalu, konsumen otomotif Jawa Tengah sudah banyak yang menunggu-nunggu. Tandanya dealer sering mendapatkan permintaan share spesifikasi dan harga unit. Padahal menurut David, sampai kini patokan harga belum keluar.

"Pada saat launching di Yogyakarta beberapa minggu lalu, dalam sehari sudah ada yang indent atau pemesanan. Jumlahnya ada 4 orang namun kami belum bisa mengekspos harganya. Yang jelas bila dibanding dengan seri yang lama harganya selisihnya tak lebih dari Rp 5 juta untuk tipe standar," ungkap David Gunawan.

All New Terios diklaim David Gunawan mengalami perombakan dimensi. Proporsi panjang sasis mengalami penambahan hingga 23 sentimeter. Hal ini menambah keleluasaan ruang pengemudi dan penumpang dari seat depan, tengah dan belakang. Tak hanya itu, tampilan bagasi pun terasa luas.

Penampilan All New Terios ini fiturnya betul-betul berubah. Mesin Dual VVT-I 1.51 yang menjamin efisiensi mencapai 10 hingga 15 persen dibanding varian sama sebelumnya. Yang membuat beda lagi adalah letak ban cadangan yang sebelumnya terdapat menempel di pintu belakang, kini posisinya tersimpan di bawah bagasi.

Fitur keselamatan yang menempel pada All New Terios ini juga tak kalah dengan mobil kelas bergengsi lainnya. Sistem pengereman menggunakan Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Hill Start Assist (HAS) pada varian terlengkapnya. HAS menurut David Gunawan membantu akselerasi setelah berhenti di medan tanjakan.

"Kami optimistis All New Terios ini akan mengangkat pasar otomotif Daihatsu di Jawa Tengah. Setidaknya pada bulan ketiga atau awal tahun 2018 akan terasa lonjakannya," ungkap David.

Target penjualan All New Terios ini secara nasional hingga bulan ketiga setelah launching diharapkan David Gunawan bisa tembus 2.000 unit per bulan. Adapun Jawa Tengah diharapkan bisa menguasai 10 persennya atau sekitar 200 unit.

Diakui David, perilaku konsumen otomotif Semarang atau Jawa Tengah sangat beda dengan daerah metropolitan seperti Jakarta. "Kalau Semarang ini konsumennya lebih banyak menunggu. Setelah beberapa bulan mereka baru ambil keputusan untuk membeli," ujar David saat pameran perdana All New Terios di Mall Ciputra Semarang. (Cha)

BERITA REKOMENDASI