Alokasi Ditentukan, Disdik Menghitung Subsidi Upah GTT dan PTT

SALATIGA, KRJOGJA.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Salatiga saat ini menghitung subsidi kenaikan upah bagi tenaga guru tidak tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) agar sesuai dengan take home pay UMK Kota Salatiga 2019. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Yuni Ambarwati kepada KRJOgja.com  menjelaskan kenaikan upah GTT dan PTT mulai Oktober 2018 lalu di Anggaran Perubahan 2018. Kemudian dilanjutkan di anggaran Penetapan 2019.

“Saat ini kami sedang menghitung hak setiap PTT atau GTT untuk disubsidi dari APBD sehingga pendapatan mereka nanti bisa take home pay sesuai dengan UMK Salatiga 2019,” tandas Yuni Ambawati, Rabu (12/12/2018).

Ia menjelaskan setiap sekolah tidak sama dalam memberikan honor kepada GTT dan PTTnya. Selama ini, dari pantauan Disdik, GTT dan PTT yang bekerja  dengan masa kerja 0-5 tahun mendapat honor dari sekolah Rp 500 ribu per bulan, masa kerja 5-10 tahun Rp 700 ribu dan masa kerja 10 tahun ke atas Rp 900 ribu. Sehingga akhirnya ditetapkan menerima upah sesuai UMK dan disetujui oleh DPRD Salatiga.

“Kekurangan itulah yang disubsidi, APBD menambah dari honor yang diterima dari sekolah. Untuk tahun 2019 alokasi anggarannya Rp 15 miliar. Saat ini masih memilah karena menghitungnya sesuai masa kerja,” tandas Yuni Ambarwati. (Sus)

BERITA REKOMENDASI