Amankan TPS dari Kecurangan, Ini yang Bakal Dilakukan Gerindra dan Koalisinya

SEMARANG KRJOGJA.com – Meski sudah memasuki masa tenang, Tim Pemenangan Cagub Jateng pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah tetap mencemaskan adanya praktik kecurangan. Hal ini diungkapkan Juru Bicara Tim Pemenangan Ir Sriyanto Saputro MM yang juga Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Tengah didampingi Ketua DPW Partai Amanat Jateng Wahyu Kristianto di Kantor Relawan Sudirman Said-Ida Fauziyah, Jalan Pamularsih Semarang, Minggu (24/6/2018).

Tim Sudirman Said-Ida Fauziyah pasalnya telah menemukan beberapa indikasi yang berpotensi membuka ruang pencurangan, salah satunya adanya beberapa TPS yang berada di dalam rumah warga di wilayah Blora. "Hal ini bisa membuka ruang untuk proses pencurangan karena menjadi sulit untuk dimonitor. Karena itu kami sudah melaporkan kepada Lembaga Penyelenggara Pemilu dan agar segera ditindaklanjuti," ungkap Sriyanto Saputro.

Masalah lain yang mencolok menurut Sriyanto Saputro adalah seputar DPT yang ditemukan bermasalah. Ada yang terdapat pemilih ganda, fiktif dan tidak sesuai datanya. Hal tersebut dimintanya agar bisa diselesaikan paling lambat Senin (25/6/2018), sehingga pada saat coblosan hari rabu (27/8/2018) sudah tidak ada masalah.

Sebagai langkah atau upaya mencegah adanya peluang memanfaatkan kecurangan, Gerindra menurut Sriyanto Saputro menurunkan Satgas yang khusus mengawasi TPS-TPS dengan cara menggelar Ronda Keliling (Roling) sejak sehari sebelum coblosan.

"Maka kita harus kepung tiap-tiap TPS untuk melakukan pengawasan dan mewaspadai adanya praktik kecurangan. Kita tidak mau pengalaman Pilkada DKI terulang di Jawa Tengah. Oleh karena itu kami minta semua kader, simpatisan dan relawan Sudirman Said-Ida Fawziyah untuk selalu mengawasi perjalanan coblosan dan kotak suara agar tidak ada kecurangan," tegas Sriyanto Saputro.

Menurutnya, Tim Pemenangan Sudirman Said-Ida Fauziyah ingin proses demokrasi di Jawa tengah dalam Pilgub Jateng ini berjalan dengan jujur, adil dan bersih tanpa praktik kecurangan.

Bila terdapat kecurangan, maka Sriyanto Saputro dengan seluruh Partai Koalisi pendukung bertekad untuk melawan kecurangan dan hendak memastikan hak konstitusional warga dijalankan dengan baik.

Sementara Ketua DPW PAN Jateng Wahyu Kristianto meminta seluruh masyarakat bisa menjaga demokrasi dengan menjadi pengawas yang selalu mengawasi setiap proses demokrasi Pilgub Jateng, mulai dari TPS-TPS.

"Kami bersama Partai Pendukung lainnya, Insya Allah akan berjuang sekuat tenaga untuk mengawal proses demokrasi nanti. Bahkan setiap saat kami merapatkan barisan untuk memenangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah dengan kemenangan yang bersih dan bermartabat," tergas Wahyu.

Atas serangan kampanye hitam yang akan mengancam terus pasangan nomor 2 ini, Sriyanto Saputro optimistis tak akan menurunkan elektabilitas Sudirman Said-Ida Fauziyah yang terus naik.

"Kita sudah mencermati, selama elektabilitas naik pasti ada gempuran-gempuran kampanye hitam yang bertujuan meruntuhkan kepercayaan dan elektabilitas. Insya Allah dengan fitnahan-fitnahan tersebut justru Allah akan menyelamatkan kami," ungkap Sriyanto Saputro. (Cha)

BERITA REKOMENDASI