Anggota Polres Grobogan Tes HIV

Editor: KRjogja/Gus

GROBOGAN (KRjogja.com) – Ratusan anggota Polres Grobogan, Jumat (16/09/2016) mengikuti tes virus HIV/AIDS. Tak terkecuali Wakapolres Kompol Wahyudi Satriyo Bintoro.

“Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan dini terhadap perkembangan virus HIV bagi anggota Polri dan keluarganya,” ujar Wakapolres.

Tes darah dilakukan di Aula Janaruga Mapolres Grobogan oleh petugas Dokkes Polres Grobogan dan Dinas Kesehatan Grobogan. Pada hari itu baru sekitar 250 anggota Polres dan 50 anggota Bhayangkari yang ikut tes kesehatan tersebut. Menurut Wakapolres, pemeriksaan akan dilakukan secara bertahap karena sebagian anggota harus melaksanakan tugas rutin.

“Pemeriksaan ini ditujukan sebagai tindakan preventif, deteksi dini dari kelainan kesehatan yang mengancam jiwa anggota kepolisian. Khususnya, terhadap penyakit HIV/AIDS yang hingga kini belum ditemukan obatnya tersebut,” jelasnya.

Pelaksanaan tes HIV/ AIDS ini sedikit berbeda dengan pemeriksaan urine berkaitan narkoba. Di mana, para anggota sebelumnya sudah diberitahu kalau harus mengikuti tes HIV/AIDS. Sementara pada pemeriksaan urine dilakukan secara mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya. Pemeriksaan kesehatan, khususnya HIV/AIDS tidak bisa dilakukan pada semua anggota sekaligus. Tetapi, nantinya akan dilakukan secara bertahap karena sebagian anggota harus melaksanakan tugas rutin. (Tas)

 

BERITA REKOMENDASI