Antisipasi Banjir, Kalibuntu Dibersihkan Dari Enceng Gondok

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRJOGJA.com – Tanaman Enceng Gondok suka di media air, saat berada di air tanaman ini cepat sekali tumbuh menutupi permukaan air. Di Kalibuntu permukaan sungai selalu tertutup tanaman Enceng Gondok. Saat musim penghujan dikawatirkan menyebabkan banjir sehingga dilakukan pembersihan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kendal mengerjakan penanganan darurat sunga-sungai yang sering meluap karena hujan. Salah satunya sungai atau kalibuntu yang berada di wilayah kota kendal dengan membersihkan tanaman eceng gondok yang tumbuh subur di atas sungai.

Pembersihan eceng gondok sepanjang satu kilometer dengan menggunakan alat berat eskavator dan perahu karet dibantu beberapa anggota TNI dari kodim 0715 kendal dan petugas BPBD kendal.

Kepala Dinas PUPR Kendal Sugiono Rabu (20/1) mengatakan kerja bakti membersihkan sungai dilakukan supaya air sungai mengalir lancar dan tidak tersumbat oleh tanaman eceng gondok yang memenuhi sungai. Keberadaan tanaman eceng gondok juga menyebabkan pendangkalan sungai karena tanaman jenis ini sangat cepat tumbuh di air.

BERITA REKOMENDASI