Aplikasi Srikandi, Tandatangan Kini Tak Harus di kantor

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Jika sebelumnya tandatangan dari harus menunggu sampai atasan masuk kantor, kini dengan Aplikasi Srikandi dimanapun bisa melakukan tandatangan atau aprove. Dengan demikian akan mempercepat kinerja pemerintahan tidak harus saling menunggu atasan Kepala OPD atau Bupati masuk ke ruang kerjanya. Selain itu dengan diterapkanya aplikasi ini akan mengurangi pemakaian kertas.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto usai launching Aplikasi Srikandi Senin (24/05/2021) mengatakan Srikandai setidaknya memberikan dampak besar pada pemerintahaan saat ini. Kecepatan tentu menjadi hal yang paling utama lantaran saat ini bisa dilakukan pengecekan secara digital.

“Sebelumnya kita menggunakan kertas tentunya kita harus ada di lokasi, saat ini kita bisa melalui digital kita periksa dan kita bisa melakukan tindakan secara langsung walaupun kita berada di luar kota sedang melaksanakan dinas luar,” ujar Dico.

Selain mempercepat, Dico berjanji tegak lurus dengan ketepatan, tetap koreksi dan selalu nelakukan pengecekan sebelum dilakukan tanda tangan secara elektronik. “Menjadi cepat juga diimbangi dengan ketepatan dan ketelitian,” lanjutnya.

Sementara itu Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Sumrahyadi Soemedi menyampaikan jika Kabupaten Kendal merupakan pemerintah daerah yang pertama di Indonesia yang menggunakan Srikandi dan menjadi pilot project nasional.

Pemanfaatan fitur dalam Srikandi meliputi aplikasi yang telah berbasi cloud disimpan di Pusat Data Nasional sehingga instansi tidak perlu menyediakan infrastruktur sendiri, naskah dinas antar instansi dapat dilakukan secara elektronik setiap saat, pengelolaan naskah dinas sebagai arsip dapat dilakukan lebih cepat oleh unit kerja. (Ung)

BERITA REKOMENDASI