APPBIPA adakan Raker

SEMARANG,KRJOGJA.com – Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Cabang Jawa Tengah menggelar rapat kerja (raker) di Balai Bahasa Jawa Tengah, Kamis (13/2/2020). Rapat yang membahas program kerja kepengurusan 2019-2022 ini difasilitasi oleh Balai Bahasa Propinsi Jateng.

Raker yang dihadiri 22 pengurus dan dibuka langsung oleh Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Dr Tirto Suwondo MHum dan Ketua APPBIPA Jawa tengah Drs Moh Muzakka MHum ini menghasilkan sejumlah rancangan kerja. Di antaranya penerbitan kartu anggota APPBIPA, penerimaan anggota baru, dan seminar kepakaran (Semar BIPA 3) akan dilaksanakan September atau Oktober 2020 dengan tuan rumah Universitas Muria Kudus (UMK). Dalam Semar BIPA 3 akan diluncurkan Jurnal BIPA. Adapun Semar BIPA 4 tahun 2022 direncanakan di Solo (ISI Solo).

Kepala Bahasa Jateng Dr Tirto Suwondo MHum saat membuka raker menyatakan Balai Bahasa Jateng di bawah Badan Bahasa Kemendikbud mendukung penuh internasionalisasi bahasa Indonesia serta mendukung kegiatan APPBIPA Jateng. Dirinya berpesan untuk tetap semangat meski aturan tenaga kerja asing di Indonesia tidak lagi menyertakan sertifikat Uji Kompetensi Bahasa Indonesia atau UKBI. Namun masih ada Perpres 63 tahun 2019 tenaga kerja asing yang tinggal di Indonesia harus belajar bahasa Indonesia. Ini menjadi peluang pengelola BIPA di Jawa Tengah untuk menyelenggarakan kursus/pembelajaran BIPA.

Ketua APPBIPA Jawa tengah Drs Moh Muzakka MHum menyatakan apresiasi terselenggaranya raker APPBIPA kepengurusan 2019-2022 berlangsung lancar penuh semangat. Dia menyampaikan pula bahwa di akhir semester ini APPBIPA Jateng dan Unsoed akan mengadakan pelatihan pengajar tingkat dasar untuk calon pengajar BIPA serta pendirian unit usaha guna menyumbang kas APPBIPA.

Moh Muzakka juga berharap pengurus APPBIPA tetap  berkomitmen kuat dan penuh semangat dalam upaya internasionalisasi bahasa Indonesia. (sgi)

BERITA REKOMENDASI