Arsip Penanganan Covid-19 Harus Diselamatkan

KENDAL, KRJOGJA.com – Arsip yang berhubungan dengan penanganan Covid 19 merupakan bukti akuntalitas kinerja instansi pemerintah, organisasi, dan masyarakat. Arsip tersebut memiliki nilai guna informasi sejarah bagi kelangsungan kehidupan bangsa, baik di daerah maupun nasional.

Karena itu, menurut Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kendal Diah Aning Budiarti, harus diselamatkan. “Arsip-arsip penanganan virus Covid-19 yang tercipta dari semua pencipta arsip dilingkungan Kabupaten Kendal sebagai bukti akuntalitas kinerja instansi pemerintah, organisasi, dan masyarakatdan ini merupakan bukti otentik yang sudah dilakukan oleh beberapa elemen ersebut,” ujar Diah Aning Rabu (16/12).

Rekaman dari cara instansi pemerintah, Ormas/Orpol, BUMD/BMN, Pimpinan Agama selaku pencipta Arsip dalam penanganan COVID-19 tersebut menjadi warisan dokumenter dalam konteks pengurangan dan manajemen risiko bencana. Warisan dokumenter tersebut merupakan sumber daya penting untuk memberikan perspektif historis mengenai upaya pemerintah maupun warga negara dalam penanganan pandemi COVID-19, sebagai bagian dari pelestarian dan aksesibilitas arsip termasuk arsip dalam bentuk digital.

Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur saat dikonfirmasi mengat6akan bahwa apa yang dilakukan oleh jajaran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kendal mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan benar patut diberikan apresiasi yang tinggi. Arsip memiliki arti yang sangat penting dan strategis dalam upaya mewujudkan agenda pemerintah Kabupaten Kendal dalam mendukung reformasi birokrasi.

“Sebagai suatu warisan dokumenter yang merupakan sumber daya penting yang bernilai guna sejarah, maka hal tersebut menjadi bagian dari pelestarian dan aksesibilitas arsip, termasuk arsip dalam bentuk elektronik. Selanjutnya, segala kekurangan maupun keberhasilan dalam upaya penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Kendal dapat terekam dengan baik sebagai bahan perumusan kebijakan strategis di masa depan,” ujar Masrur.

Wakil Bupati Masrur mengimbau agar seluruh pencipta arsip segera memberikan perhatian secara khusus terhadap arsip yang memiliki keterkaitan dengan penanganan Covid-19, dan bagi Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Kendal untuk dapat mempersiapkan diri menerima penyerahan arsip penanganan Covid-19 dari pencipta arsip, serta berkoordinasi dengan ANRI. (Ung)

BERITA REKOMENDASI