Arus Balik Di Kendal, Contra Flow Dibuka Hingga 10 KM

KENDAL, KRJOGJA.com – Arus Balik mulai membuat macet Pantura Kabupaten Kendal Kamis (29/06/2017) sore. Kondisi ini oleh tim Urai Kemacetan Polres Kendal harus membuka satu jalur lagi sehingga dari arah Semarang tiga jalur sedang arus sebaliknya satu jalur. 

Kasatlantas Polres Kendal AKP Edy Sutrisno bahwa Contra Flow 3-1 diperlukan saat kondisi jalan merambat dan rawa macet. "Sore ini kami buka satu jalur lagi dari arah timur mulai dari PT IGN Cepiring hingga Jenarsari tepatnya di depan Pos Pengamana Bahurekso," ujar Edy.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal Moh Toha menjelaskan arus balik di Kabupaten Kendal mulai padat. Ribuan kendaraan dari Kota Semarang memasuki ini jumlah kendaraan yang masuk ke Kendal setiap jam sekitar 5.764 kendaraan perjam. Jumlah itu terdiri atas 2.163 mobil pribadi, 841 bus dan truk, serta 2.760 sepeda motor. Sementara kapasitas jalan 7.864 unit kendaraan perjam. 

Moh Toha menjelaskan berdasarkan data dari Posko Pengamanan Lebaran Jateng, jumlah kendaraan yang balik ke arah barat mencapai 22 persen. Sementara pada Jumat mencapai 20 persen, Sabtu 23 persen, dan Minggu mencapai 34 persen. "Kami memperkirakan puncak arus balik terjadi pada Minggu," tandasnya. (Ung)

BERITA REKOMENDASI