Atasi Kekurangan, PGN Bantu Ton Oksigen untuk RS di Jateng dan DIY

Editor: Ary B Prass

SEMARANG KRJogja.com – Kondisi persebaran COVID-19 mengalami lonjakan kasus positif pada pada minggu ke-3 bulan Juni 2021. Ada lebih dari 20.000 kasus per hari dan semakin banyak jumlah pasien yang harus dirawat di ICU serta mengakibatkan tingginya okupansi Rumah Sakit Rujukan COVID-19.
Kondisi operation east region yang berada di Pulau Jawa rata-rata Bed Occupancy Ratio (BOR) Isolasi dan ICU Nasional mencapai 73% di mana untuk DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah mencapai lebih dari 90%. Konsidi tersebut mengakibatkan kebutuhan pasokan oksigen untuk rumah sakit di seluruh provinsi di Pulau Jawa meningkat pesat.
PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) membantu pemerintah menangani pandemi Covid 19 melalui program Pertamina Peduli. Kali ini PT Pertamina Gas (Pertagas), PT Pertagas Niaga dan PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) memberikan bantuan oksigen medis dan storage oxygen medis (tabung penyimpanan oksigen).
Pertagas telah membentuk Tim Tanggap Darurat Bantuan Oksigen guna persiapan, perencanaan, pelaksanaan dan monitoring menyerahkan bantuan ke wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di Jawa Tengah total 14,8 Ton Oksigen diserahkan ke RSUD Loekmono Hadi, RSUD Dr R Soedjati Soemodiardjo, RSUD RAA Soewondo, dan RSUD Dr Soetrasno. Sedangkan di Yogyakarta, total bantuan sebanyak 15,1 Ton Oksigen diserahkan ke RSUD PAU Hardjolukito, RS Panti Rapih, PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RSUD Bantul, RS PKU Bantul, dan RS PKU Gamping.
Penyerahan bantuan oksigen medis ini menggandeng sejumlah stakeholder, seperti Samator Group yakni PT Aneka Gas Industri Kendal dan PT Samator & Industri Yogyakarta untuk distribusi bantuan ke rumah sakit. Untuk penyediaan gas dan transportasi bekerjasama dengan PT Etkom Inti Energi, serta Kemenkes dan Satgas Oksigen Jawa Tengah untuk data support dan kebijakan distribusi.
Kemudian PT Pertagas Niaga melakukan konversi LNG Trucking idle sebanyak 6  unit selama 2 bulan untuk pengangkutan dan pendistribusian oksigen ke berbagai rumah sakit di Pulau Jawa.

BERITA REKOMENDASI