Babinsa Bantu Petani Wujudkan Kampung Cabai

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Upaya ciptakan ketahanan pangan di masyarakat tetap menjadi program berkelanjutan Kodim 0733 BS Semarang. Karenanya Kodim yang dipimpin Kol Inf M Taufiq Zega ini memiliki Babinsa yang memiliki kompetensi di bidang pertanian dan peternakan yang ilmu pengetahuan dan pengalamannya dapat ditularkan kepada masyarakat.

Hasil pembinaan Babinsa kepada masyarakat di bidang pertanian dapat dilihat dari hasil panenan cabai warga di wilayah kelurahan Jatirejo yang terkenal dengan nama Kampung Cabai, Kecamatan Gunungpati. Pada Kamis (04/01/2018) terlihat panen cabai melimpah ruah.

Wadan Ramil Gunungpati Kapten Inf Susanto yang meninjau hasil panen warga ikut takjub. Warga sangat terbantu adanya bimbingan pertanian dari Babinsa ya g dibantu para petugas lapangan dari Dinas Pertanian Kota Semarang dan Perguruan Tinggi Fakultas Pertanian di Semarang.

"Peran bapak-bapak Babinsa ini sangatbluar biasa, terutama telaten dalam mengunjungi kebon kami. Kalau ada daun yang dimakan ulat dan keriting pun kami langsung didatangi dan diingatkan nyemprot obat', ungkap Sunaryo, warga Kampung Cabai.

Menurut Kapten Inf Susanto, wilayahnya Gunungpati merupakan wilayah percontohan di Kota Semarang yang dikembangkan menjadi Desa Wisata. Sehingga pertanian dan peternakan sangat diperhatikan dan menjadi prioritas.

"Kodim 0733 BS Semarang menjadi bagian mewujudkan Kampung Wisata Semarang dengan pembina masyarakat agar memilili semangat dan kesadaran mewujudkannya. Sebab bila terwujud, masyarakatlah yang akan merasakan manfaatnya,” ungkap Wadan  Ramil Kapten Inf Susanto mewakili Dandim.

Peran Babinsa di lapangan menurutnya sebagai motivator. "Kita bentuk masyarakat yang memiliki semangat maju dan berkembang, langkah dasarnya yakni dengan membentuk fikiran positif dan terbuka dalam hak bekerjasama untuk mencapai satu tujuan. Kami bersyukur hal itu mudah diterapkan di wilayah, sehingga kini kemajuan wilayah sangat pesat,” tambah Susanto.

Program Kampung Tematik, Kampung Cabai kini pun terwujud atas kerjasama semua pihak. Kodim 0733 BS Semarang melalui Babinsa terua mengintenaifkan Program Komunikasi Sosialnya untuk mengawal program Pemerintah Kota Semarang dibawah kepemimpinan Walikota Semarang Hendrar Prihadi. (Cha)

BERITA REKOMENDASI