Babinsa Se-Kodim Bantu Warga Bersihkan Lingkungan

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG KRJOGJA.COM – Hari Minggu (3/12/2017) benar-benar terjadi gerakan para Babinsa se-Kota Semarang 'menyerbu' wilayah masing-masing untuk membantu warga membersihkan lingkungan dan selokan. Kegiatan yang atas perintah Dandim 0733 BS Semarang Kol Inf M Taufiq Zega melalui Pasiter Mayor Inf Suradi ini bertujuan untuk mengantisipasi dampak lingkungan ketika hujan deras mengguyur pemukiman warga.

"Setelah kami pelajari, banyak kejadian bencana alam terutama banjir sering dipicu karena kesalahan perilaku masyarakat. Terutama dalam membuah sampah dan menjaga kebersihan lingkungan. Sampah sering menjadi penyebab banjir bisa cara mengelolanya salah. Karena itu melalui Pasiter dan Danramil, kami minta para Babinsa di wilayah masih-masing menggerakkan kerja bhakti membersihkan lingkungan, terutama dengan fokus saluran-saluran air yang ada di wilayah. Selain itu wilayah yang terdapat sungai atau saluran besar agar lebih memperhatikan kondisi saluran supaya bersih dari sumbatan", ujar Dandim 0733 BS Semarang Kol Inf M Taufiq Zega.

Koramil 04 Gayamsari dipimpim Danramil Mayor Inf Sugiarto membagi sektor wilayah yang dibersihkan lingkungannya antara lain di kelurahan Pandean Lamper, Kelurahan Kaligawe dan Sawah Besar. Ketiga wilayah tersebut memiliki kedekatan dengan sungai Banjir Kanal Timur yang kerap meluap dan rawan jebol. Fokus pembersihan adalah sampah yang mengumpul di saluran dan sungai.

Koramil 07 Gunungpati dipimpin Wadanramil Kapten Inf Susanto menggelar kerja bhakti di Perumaham Bumi Manyaran Permai (BMP) yang dikenal memiliki kontur tanah labil. Selain pembersihan lingkungan dari sampah juga membuat talud di daerah yang rawan longsor bersama masyarakat.

Sedangkan Koramil Gajahmungkur dipimpin Danramil Kapten Inf Ikhwan bersama masyarakat membersihkan sampak di saluran Kelurahan Bendungan dan perbaikan talud longsor di wilayah RT 04 RW 01 Kelurahan Bendungan. (Cha)

BERITA REKOMENDASI