Babinsa Semarang Dilatih Membatik

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Para Babinsa Koramil 13 Semarang Selatan Kodim 0733 Kota Semarang mahir membatik. Hal ini terlihat dalam pelatihan UMKM Batik Hand Made yang digelar di Kampung Batik Kampoeng Djadoel Semarang.

Para Babinsa mengikuti pelatihan membatik diasuh oleh Christina Riyastuti, diajarkan daribcara sket, nyanting hingga nyelup. Semua tampak berlatih bersungguh-sungguh dan merasa punya pengalaman baru.

Danramil 13 Mayor Inf Rahmatullah AR SE MM mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program membekali Babinsa ketrampila membatik. Tujuannya agar selain miliki ketrampilan juga agar menjiwai soal membatik.

“Batik ini karya nusantara yang wajib kita lestarikan. Karena itu Babinsa dalam rangka memperkokoh Ketahanan Budaya juga harus mendorong masyarakat agar cinta budaya, khususnya batik sebagai karya budaya bangsa Indonesia. Ini bagian dalam membangun semangat cinta tanah air,” ungkapnya.

Danramil berharap selain belajar membatik akan memberi bekal bagi mereka yang akan mencari peluang usaha, ternyata ada efek psikologis yang diterima Babinsa, yaitu melatih kesabaran. “Tanpa kesabaran, tak akan mendapatkan hasil yang rapi dalam membatik,” ungkap Rahmatullah. (Cha)

BERITA REKOMENDASI