Bagi Serentak 46 Ribu KIA, Pemkab Grobogan Pecahkan Rekor MURI

Editor: KRjogja/Gus

GROBOGAN, KRJOGJA.com – Sebanyak 46.63 Kartu Identitas Anak (KIA) dibagikan serentak oleh Pmkab Grobogan di Alun-alun Purwodadi, Rabu (29/01/2020). Program ini memecahkan museum rekor dunia Indonesia (MURI). Sertifikat MURI diserahkan Senior Manajer MURI, Sri Widayati kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni yang didampingi Wagub Jateng, Taj Yasin Maemoen dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Moh Susilo.

“Pembagian KIA sebanyak 46.063 keping secara serentak yang dilakukan Pemkab Grobogan masuk MURI. Jumlah keping KIA sebanyak ini mengungguli rekor MURI yang diraih Pamkab Bantul yang pada Oktober 2019 yang juga telah membagian hal sama,” ujar Senior Manajer MURI, Sri Widayati.

Dalam sambutannya, Bupati Grobogan Sri Sumarni menjelaskan, penerbitan KIA sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Pembagian 46.063 keping KIA tersebut, tanpa disadari ternyata memecahkan MURI. Dengan demikian kepemilikan KIA di Kabupaten Grobogan sampai saat ini sudah sebanyak 232.151 keping.

Menurutnya, KIA adalah bukti identitas resmi untuk anak di bawah 17 tahun yang berlaku selayaknya KTP bagi orang dewasa. “Jadi, secara umum, KIA memiliki kegunaan yang sama dengan KTP. Untuk itu kepemilikan KIA bagi anak-anak sangatlah penting,” tegasnya.

Manfaat KIA, lanjut bupati, untuk melindungi pemenuhan hak anak,  menjamin akses ke sarana umum, memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi. “Seperti misalnya untuk persyaratan mendaftar sekolah, untuk bukti diri anak sebagai data identitas ketika membuka tabungan atau menabung di bank,  identitas naik kereta, pesawat dan lainnya. Juga untuk mencegah terjadinya perdagangan anak,” tandasnya.

Selain itu, manfaat langsung KIA bagi anak-anak di Kabupaten Grobogan adalah mendapatkan diskon di 12 tempat yang menjadi mitra layanan KIA, seperti  restoran, rumah makan, mal, tempat bermain, dan kolam renang.
Sementara itu Wagub Taj Yasin Maemoen mengapresiasi prestasi yang telah diraih Pemkab Grobogan dalam usaha mendata dan membagi KIA. (Tas)

BERITA REKOMENDASI