Bakorwil Jateng Bakal Dibubarkan?

SEMARANG (KRjogja.com) – Wakil Ketua Pansus Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemprop Jateng Ir Sriyanto Saputro mengungkapkan, proses pembahasan SOPD sudah mendekati final. Akan ada 11 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bakal dilikuidasi.

Sriyanto Saputro mengatakan hal ini kepada wartawan di Semarang Senin (29/8/2016). Dari 11 SKPD yang dilikuidasi diantaranya tiga Bakorwil yang ada di Jateng. Sedangkan pisis Humas masih dipertahankan karena dinilai memiliki fungsi yang cukup strategis. Bahkan Humas justru ditambah dengan fungsi protokol.

“Jika sekarang di Pemprov Jateng ada 59 SKPD, nantinya akan dipanhgkas menjadi 48 SKPD. Ini merupakan titik temu antara tim Pansus DPRD Jateng dengan tim dari Pemprov Jateng, dan setelah dilakukan pengkajian secara mendalam,” tutur Sriyanto Saputro.

Menurut Sriyanto, sejumlah SKPD yang sudah hampir final namanya antara lain, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas ESDM, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Pangan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap, Dinas Arsip dan Perpustakaan, dan Satpol PP yang  diberi tambahan fungsi Linmas dan pemetaan kebakaran.

Sedangkan untuk dinas yang masih dalam taraf pembahasan karena ada beberapa opsi dan perlu dikonsultasikan ke Kemendagri untuk finalisasi,  antara lain Dinas Pendidikan. (Bdi)

BERITA REKOMENDASI