Bandara Baru Jadi Harapan Baru Perekonomian Semarang

SEMARANG KRJOGJA.com – Presiden Jokowi, Kamis (7/6/2018) berencana meresmikan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang yang baru. Bandara terluas di Jawa Tengah ini menggantikan terminal bandara lama yang berada tak jauh karena sudah tidak memungkinkan menampung pesawat dalam kapasitas banyak.

Terealisasinya Bandara Internasional Ahmad Yani yang jauh lebih luas dengan fasilitas standart internasional ini merupakan bentuk sinergitas rencana pembangunan antara pemerintah daerah dan pusat. Jawa Tengah kini telah berkembang pesat dinilai dari indikator pembangunan infrastruktur, antara lain tergelarnya jalan tol yang yang kini sudah semakin terbentang menghubungkan kota-kota strategis, juga pengembangan bandara yang makin banyak menambah rute penerbangan ke luar negeri.

Penilaian positif kini muncul dari kalangan pelaku ekonomi dan kepariwisataan. Budhi, salah satu pengusaha bidang retail Semarang menyatakan Semarang Semakin Hebat. "Saya semakin yakin kalau ini bukan sekadar slogan, tapi sudah menjadi kenyataan. Pembangunan fasilitas sudah saya lihat sendiri ada di mana-mana, seolah semarang tidak pernah berhenti membangun. Coba lihat dimana tempat pasti ada proyek pembangunan. Semua hasil tentunya akan berakibat pada kebaikan di masa mendatang," ujar Budhi di tokonya kawasan Jalan Gajahmada Semarang.

Kehadiran bandara baru menurut Budhi juga bakal menguatkan angka kunjungan ke Kota Semarang. "Singapore-Semarang mungkin akan terasa dekat, seperti menikmati perjalanan luar kota. Karenanya, bisa saja nanti orang luar belanja atau berlibur ke Semarang, apalagi hotel-hotel telah siap dan ada di mana-mana", tambah Budhi.
Wajar kalau Budhi menilai adanya Bandara Baru merupakan harapan baru perekonomian masyarakat Semarang. "Siap-siap saja perekonomian Semarang akan tumbuh dan bisa saja akan terjadi lonjakan pelaku ekonomi dari luar daerah ikut 'bermain' di Semarang," jelasnya.

Budhi juga menilai keberhasilan Semarang menata diri tak lepas dari ide, kreatifitas dan tekad pemimpin Kota Semarang dan pemimpin negeri ini. "Saya kira peranan walikota sangat penting, selain itu juga dukungan Gubernur dan Presiden menjadikan ide serta rencana membangun kota ini menjadi semakin nyata. Harapan kami semoga rencana pengembangan kota ini tidak akan berhenti setelah menjadi kenyataan, akan tetapi harus terus bergulir secara berkesinambungan," ungkap Budhi.

Wati Suherman, pengusaha Lunpia dan Wingko Babad oleh-oleh khas Semarang pun menyambut gembira kehadiran Bandara baru Semarang. "Saya selaku wong cilik meski tak pernah merasakan naik pesawat, tapi saya yakin dibukanya bandara baru ini akan menambah kunjungan wisata ke Kota Semarang. Semoga saja semakin banyak dan akan berdampak pada sektor kuliner Semarang," kata Wati. (Cha)

BERITA REKOMENDASI