Banjir Bandang, PUPR Kendal Siapkan Pompa

KENDAL, KRJOGJA.com – Kepala DPUPR Kabupaten Kendal Sugiono saat dilokasi banjir bandang di Desa Sidomukti Minggu (12/1/2020) mengatakan akan meminta desa membuat saluran dibawah tanah atau gorong-gorong yang dianggarkan melalui Dana Desa, air akan dialirkan ke sungai melalui gorong-gorong tersebut. 

"Gorong-gorong akan dilewatkan dibawah jalan desa yang berada di dukuh pakir hingga melewati Sekolah Dasar dan diteruskan ke sungai, agar alran air bisa tertampung dan langusng ke sungai," ujar Sugiono. Dirinya juga membenarkan jika bekas galian c yang juga berada di Dukuh Pakis menjadi salah satu penyebabnya.

Sementara itu untuk mengantisipasi jika terjadi curah hujan yang tinggi dan air mulai masuk perkampungan sudah disiapkan pompa milik DPUPR Kabupaten Kendal agar tidak ada genangan. "Dua pompa sudah kami siapkan untuk mengantisipasi air masuk ke perkampungan saat hujan sehingga tidak lagi menggenang," lanjutnya.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Sigit Sulistiyo juga sudah mengerahkan personil untuk membantu warga menyelamatkan barang dan melakukan pembersihan pasca genangan. Kepada warga dirinya menghimbau untuk waspada dan siaga adanya bencana, pasalnya saat ini cuaca ekstrim tengah melanda. Sembilan rumah yang terkena dampak banjir diberikan bantuan berupa peralatan mandi, sembako serta peralatan sekolah. 

"Korban banjir kali ini ada 9 rumah yang terkena dan saat ini kami sudah memberikan bantuan kepada mereka," ujar Sigit. (Ung) 

BERITA REKOMENDASI