Bank Jateng ‘Disuntik’ Modal Rp 5 Miliar

SALATIGA, KRJOGJA.com – Pemerintah Kota Salatiga APBD Perubahan 2017 mengalokasikan anggaran penyertaan modal Rp 5 miliar untuk Bank Jateng. Anggaran dikucurkan dan direalisasi sepenuhnya ke bank milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, setelah dievaluasi Gubernur.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pemkot Salatiga Y Tri Priyo Nugroho kepada wartawan, Kamis (14/9/2017) mengatakan, alokasi anggaran penyertaan modal perbankan tersebut didasarkan adanya permintaan tambahan penyertaan modal dari pihak Bank Jateng Cabang Salatiga. Pengalokasian di APBD Perubahan 2017 yang telah disetujui oleh DPRD Salatiga tersebut, sebelumnya sudah melalui ekpose dari  bank tersebut. Selain itu, Pemkot Salatiga sendiri, juga sudah melakukan analisa dan kajian sesuai amanat dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Pernyetaan Modal dan Pasar.

“Di APBD Perubahan 2017 Pemkot Salatiga menyertakan modal lagi sebesar Rp 5 miliar ke Bank Jateng Cabang Salatiga.  Pengalokasian dana untuk penyertaan modal sudah sesuai dengan mekanisme dan aturan Perda,” jelas Y Tri Priyo Nugroho kepada wartawan, Kamis (14/9/2017).

Lebih lanjut ia menambahkan, penyertaan modal ini merupakan langkah Pemkot Salatiga untuk menambah pendapat dari sektor jasa keuangan melalui bank milik Pemprov Jawa Tengah tersebut. “Kami menginvestasikan uang milik daerah ke bank milik Pemprov Jateng sebagai penyertaan modal untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD) ke depan,” jelasnya. (Sus)

 

BERITA REKOMENDASI