Bank Jateng Pasang Tapping Box, Wajib Pajak Nakal Bakal Terdeteksi

Editor: KRjogja/Gus

SALATIGA, KRJogja.com – Direktur Bank Jateng Cabang Salatiga, Erna Setyawati mengungkapkan bahwa saat ini bisa mendeteksi wajib pajak yang mulai nakal dan berperilaku kurang baik yang berimbas pada pendapatan daerah. Hal ini bisa dilakukan menyusul ketersediaan 45 alat monitoring transaksi usaha (tapping box).

“Bank Jateng Salatiga menambah 45 titik tapping box. Alat tersebut akan terpasang di mesin kasir untuk menghitung setiap transaksi. Data tapping box masuk ke server Pemkot Salatiga. Sehingga Pemkot dapat melihat potensi pajak yang terjadi di tempat usaha. Alat ini bisa mendeteksi wajib pajak (WP) yang berperilaku kurang baik,” jelas Erna Setyawati saat penandatanganan kesepakatan antara Pemkot Salatiga dan Bank Jateng Salatiga, Senin (24/8).

Ia mengatakan, mengenai tempat (titik) pemasangan tapping box dilakukan survei terlebih dahulu dan berkoordinasi dengan Badan Keuangan Daerah (BKD) Salatiga.

Terkait modal usaha UMKM di Salatiga, Erna mengatakan telah disiapkan karena dana untuk peningkatan usaha ini telah cair dananya sebesar Rp 29 miliar di Bank Jateng Salatiga. Dana ini untuk pemulihan perekonomian di wilayah Salatiga.

BERITA REKOMENDASI