Bantu TTG dan Proses Produksi, Polines Bantu Pemberdayaan UKM Wonosobo

Editor: Agus Sigit

Keseluruhan rangkaian dalam bidang pemasaran ini bertujuan guna memperluas jangkauan pemasaran produk. Sedangkan dalam bidang manajemen mutu dan kesehatan produk, tim pengabdi menerapkan good manufacturing practices dengan melakukan pembuatan ruang produksi yang sehat dan higienis serta memberikan penyuluhan kepada UKM untuk mengubah pola pikir dan kebiasaan pelaku UKM agar menerapkan standar kebersihan dalam proses produksi. Ruang produksi memiliki ukuran (4 x 6) m. Ruang produksi dapat digunakan untuk melakukan seluruh proses kegiatan produksi, sehingga tidak lagi menyatu dengan ruang yang lain.

Menurut Ragil Tri Indrawati, dengan adanya penerapan teknologi tepat guna dan penerapan good manufacturing practices dalam kegiatan ini dapat meningkatkan produktivitas UKM dan pemasaran, sehingga berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

“Tim berterimakasih kepada DRPM Kemenristek-BRIN) tahun 2021 atas didanainya kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk UKM di Wonosobo ini” pungkas Ragil Tri Indrawati. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI