Bareskrim Polri Usut Dugaan Usaha Penambangan Tanpa Izin di Dieng

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG, KRJOGJA.com – PT Bumi Gas Energi berharap upaya yang dilakukan penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri bisa memberikan keadilan atas polemik pengelolaan geothermal di dataran Tinggi Dieng.

Kuasa hukum PT Bumi Gas Energi, Bambang Siswanto bahkan berharap penyidikan ini sekaligus bisa menguak ‘konspirasi’ besar di balik dugaan tindak pidana melakukan kegiatan usaha pertambangan panas bumi tanpa izin oleh PT Geo Dipa Energi tersebut.

Demikian diungkapkan kuasa hukum PT Bumi Gas Energi, Bambang Siswanto kepada wartawan di Semarang Senin (3/12). Dalam Pasal 35 UU Nomor 27 Tahun 2003 tentang Panas Bumi, setiap usaha penambangan panas bumi harus mengantongi Izin Usaha Penambangan (IUP).

Bambang mengatakan, pekan lalu penyidik Dit Tipideksus Bareskrim Polri telah melakukan pengecekan lokasi geothermal (PLTP) yang dikelola PT Geo Dipa Energi, di kawasan Dataran Tinggi Dieng, wilayah Kabupaten Bajarnegara, Jawa Tengah. Sebelumnya, penyidik juga melakukan pengecekan yang sama di lokasi geothermal Patuha, Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ini artinya penyidik Bareskrim Polri telah melakukan pendalaman atas laporan kami,” ungkapnya.

Bambang berharap, penyidikan atas laporan dugaan tindak pidana ini bisa memberikan keadilan dan kepastian hukum. Di balik persoalan ini, ia melihat ada sebuah konspirasi besar yang harus dibuka. Mengapa PT Geo Dipa Energi bisa melakukan penambangan panas bumi tanpa mengantongi IUP.

Seperti diketahu, Bambang Siswanto selaku kuasa hukum PT Bumi Gas Energi telah melaporkan dugaan tindak pidana melakukan kegiatan usaha pertambangan panas bumi tanpa izin oleh PT Geo Dipa Energi di Dieng, Jawa Tengah dan Patuha Jawa Barat.

Laporan tertulis dalam tanda bukti lapor Nomor: TBL/502/VII/2016/Bareskrim, dengan perkara dugaan tindak pidana melakukan kegiatan usaha pertambangan panas bumi tanpa izin sebagaimana dimaksud Pasal 35 UU Nomor 27 Tahun 2003 tentang Panas Bumi. (Bdi)

BERITA REKOMENDASI