Baru 650 SR Dapat Jaringan Gas Pertamina Cepu

BLORA, KRJOGJA.com – Pemkab Blora berharap proyek jaringan gas rumah tangga (Jargas) di kawasan Central Processing Plant (CPP) Proyek Pengambangan Gas Jawa (PPGJ) Blok Gundih Kecamatan Kradenan bisa dilanjutkan.

Dari target 4.000 sasaran rumah (SR) di tujuh desa yang telah dibangun sejak 2013, hingga kini baru sekitar 650 SR. Hal itu disampaikan Wabup Blora  H Arief Rohman MSi ketika menerima kunjungan kerja Komisi VII DPR RI di Kantor Pertamina EP IV Cepu, Selasa (06/11/2018). 

Menurut Wabup, jargas sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan gas di daerahnya. Selain lebih hemat, juga relatif aman dibanding menggunakan gas tabung. “Sesuai arahan dan usulan Bapak Bupati, proyek pembangunan jaringan gas agar dilanjutkan,” pintanya.

Menanggapi hal itu, Ir H M Ridwan Hisyam yang memimpin rombongan Komisi VII DPR RI mengaku sepakat usuan Pemkab Blora dan mendorong kelanjutan jaringan gas rumah tangga (city gas), sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar PPGJ. Karena menurut poltisi Partai Golkar ini, city gas yang masuk ke pemukiman diyakini sangat ekonomis bagi masyarakat.

“Berdasarkan laporan Bapak Wakil  Bupati, city gas baru berjalan sebagian kecil. Komisi VII DPRD RI sepakat dan akan mendorong agar proyek tersebut bisa berjalan lagi,” harapanya.

Terpisah, Kades Sumber Kecamatan Kradenan, Zaki Bachroni, mengaku belum seluruh warga di desanya bisa menikmati manfaat jaringan gas rumah tangga dari Pertamina Cepu tersebut. “Saya berharap, jargas rumah tangga segera dikatifkan lagi. Sejak diujicobakan Juli 2016 lalu, baru ada sekitar 650 SR yang sudah tersambung jargas,” ungkapnya. Dari 13 dukuhan yang ada di Desa Sumber, baru 7 dukuhan yang terpasang jargas,” ungkapnya. (Tas)

BERITA REKOMENDASI