Bawaslu Jateng Kembali Temukan 8 WNA Masuk DPT

SEMARANG, KRJOGJA.com – Bawaslu Jateng kembali menemukan sejumlah warga negara asing (WNA) yang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Bawaslu sudah melangkan permintaan untuk mencoret para WNA tersebut dari DPT.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jateng Anik Sholihatun mengungkapkan, ada delapan WNA lagi yang masuk DPT. Sebelumnya, berdasar data KPU dan Kemendagri, ada 12 WNA yang terdaftar dalam DPT Jateng.

“Kini berdasarkan temuan jajaran Bawaslu kabupaten/kota di Jawa Tengah, ditemukan lagi sebanyak delapan WNA yang masuk dalam DPT. Bawaslu kabupaten/kota sudah melakukan klarifikasi dan meminta agar mereka dicoret dari DPT,” terang Anik, Senin (11/3/2019).

Menurutnya, sama seperti temuan sebelumnya, kedelapan WNA ini domisilinya menyebar. Antara lain 3 WNA di Solo; 2, Tegal; serta masing-masing satu WNA di Kota Salatiga; Kabupaten Batang; dan Purworejo.

Dengan demikian, total sudah ada 20 WNA yang ditemukan masuk ke dalam DPT di Jateng. Namun, 12 WNA yang didapati sebelum ini, sudah dicoret dari daftar pemilh tetap oleh KPU.

“Keberadaan WNA di Jawa Tengah yang masih masuk dalam DPT tersebut bisa saja bertambah. Sebab, proses pengawasan masih terus berlangsung,” imbuh Anik sambil menambahkan kalau pihaknya akan terus menyisir DPT.

Tak cuma Bawaslu saja, tapi seluruh instansi yang bersinggungan dengan masalah ini juga bakal turun tangan. “Pengawasan itu dalam rangka ikhtiar demi validitas daftar pemilih tetap,” tandasnya.(*)

BERITA REKOMENDASI