Bea Cukai Semarang Bakar Rokok Ilegal Senilai Rp 3,7 Miliar

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRjogja.com – Bea Cukai Semarang,Kamis(25/11) musnahkan jutaan ribu rokok ilegal dari berbagai merek senilai tidak kurang Rp 3,7 miliar.

Pemusnahan rokok tanpa cukai secara simbolis dengan cara dibakar berlangsung di halaman kantor Bea Cukai Semarang, jalan Arteri Yos Sudarso,Semarang dipimpin Ka Kanwil Bea Cukai Jateng -DIY M Purwantoro. Mengingat banyaknya barang bukti milik negara (BMN) itu lalu sisa rokok dengan diangkut tiga truk dibawa dilanjutkan pemusnahan di tempat pembuangan akhir(TPA) Jatibarang Semarang.

Ka Kanwil Bea Cukai mengatakan barang bukti rokok ilegal yang dimusnahkan hasil 16 kali penindakan Bea Cukai Semarang tahun lalu, yakni periode bulan Juni sampai Desember 2020.

Pemusnahan itu dilangsungkan setelah diterbitkan surat persetujuan pusnakahan dari menteri keuangan melalui Direktur Pengelolaan Kekayaan negara dan sistem informasi,Direktur Jenderal Kekayaan negara. Adapun,jumlah yang dibakar 3,6 juta batang rokok ilegal senilai Rp 3,7 miliar, potensi kerugian negara Rp 1,8 Milar. Yang terdiri nilai cukai dan pajak rokok.

Menurut Purwantoro dengan bekerja dengan berbagai pihak ,termasuk kejaksaan akan terus giat melakukan operasi dengan sasaran khusus rokok tanpa cukai. Sebab,beredarnya rokok ilegal di tengah masyarakat secara ekonomi tidak hanya merugikan negara lewat pajak, tetapi juga merugikan bagi pengusaha rokok legal. Karena pangsa pasarnya dirusak rokok ilegal yang tidak terbebani cukai dengan menjual dengan harga murah.

Kepala Kantor pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang Sucipto mengatakan kasus jutaan rokok ilegal diproses sesuai jalur hukum.Ada sembilan tersangka.

Sucipto mengatakan kasus yang ditangani rokok ilegal hasil produksi dari luar daerah,termasuk dari Jatim. Dan,dikirim ke tempat tujuan,termasuk luar Jawa lewat paket maupun diangkut truk. “Jadi Semarang hanya sebagai tempat perlintasan saja”,jelasnya.

Untuk menekan peredaran rokok ilegal, Bea Cukai akan meningkat operasi. Sementara hasil yang diungkap Bea Cuka Semarang pada masa pandemi tahun 2021 hingga November tercatat 42 kali dengan total rokok ilegal yang disita 5,1 juta batang dan 2,1 juta diantaranya telah diserahkan ke kejaksaan untuk proses persidangan. Dan,sisanya menunggu proses lebih lanjut untuk dimusnahkan. (Cry)

 

 

BERITA REKOMENDASI