Bedah Buku Panduan dan Strategi Perolehan Pendanaan Program Riset Keilmuan di Unimus

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar acara “Bedah Buku Panduan dan Strategi Perolehan Pendanaan Program Riset Keilmuan” di kampus Unimus belum lama ini.

Acara yang dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik Unimus Dr Budi Santosa MSi Med ini dihadiri Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd, para wakil rektor, dekan dan dosen. Acara dilaksanakan secara daring menampilkan nara sumber Dr Dadan Rahadian ST (salah seorang penyusun Panduan Hibah Riset Keilmuan yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Telkom Bandung).

Wakil Rektor I (Bidang Akademik) Dr Budi Santosa MSi Med) dalam sambutannya menyebutkan tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk memberikan petunjuk bagi para dosen untuk bisa mengususlkan hibah riset keilmuan yang menghasilkan luaran dalam bentuk model pembelajaran yang berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Ini sebagai hal yang sangat penting sehingga diharapkan para dosen mampu untuk mengimplementasikan kegiatan – kegiatan MBKM dengan melaksanakan riset keilmuan sehingga diharapkan bisa menjadi Agen Of Change dan bisa mengelola pembelajaran yang inovatif, kreatif, adaptif dan bisa diterima oleh mahasiswa.

“Sejak diluncurkannya kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada tahun 2020, seluruh aktivitas pembelajaran beralih pada kegijakan tersebut, tidak terkecuali pada Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus). Ada 9 kegiatan atau program kegiatan yang masuk didalam MBKM diantaranya kegiatan Magang, Proyek Desa, Pertukaran Pelajar, Mengajar di Sekolah, Proyek Kemanusiaan, Study Independent, Wirausaha, hingga Penelitian. Semua hal tersbut diharapkan dapat diimplementasikan sebagai bentuk dari MBKM. Dan dari Sembilan program tersebut salah satunya adalah adanya penelitian yang diimplikasikan dalam bentuk buku panduan riset keilmuan, yang mana sudah didibahas dan dikeluarkan” ujar Wakil Rektor I. (sgi)

BERITA REKOMENDASI