Belajar Diplomasi Melalui Meja Makan: 75 Mahasiswa HI Unwahas Latihan Table Manner

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Program Studi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) mengadakan kegiatan pelatihan Table Manner yang diikuti oleh mahasiswa Hubungan Internasional semester 4 dalam rangka implementasi  mata kuliah Praktik Diplomasi, Kamis (23/6/2022).

Daniel Fery selaku instruktur dalam kegiatan ini mengatakan mempelajari etiket di meja makan bukan sekadar mengetahui tata krama saat makan atau menggunakan alat makan. Menguasai table manner juga merupakan bentuk citra diri, bahkan profesionalisme seseorang

Pemahaman yang baik seputar table manner bahkan memengaruhi kesiapan mahasiswa Hubungan Internasional yang umumnya selalu menghadiri event-event gala dinner internasional. Dalam kegiatan gala dinner internasional tentunya pemilihan pakaian sangat penting bagi pencitraan seorang individu, oleh karena itu mahasiswa peserta Table Manner Course memakai pakaian sipil lengkap untuk pria berjas dan untuk wanita menggunakan blazer dalam menghadiri pelatihan ini.

Kemampuan bersosialisasi salah satunya ditunjukkan melalui etiket di meja makan. Table manner bicara banyak hal, termasuk etiket saat menghadiri jamuan makan, mulai dari kedatangan hingga waktunya meninggalkan jamuan makan.

Acara ini diikuti 75 mahasiswa jurusan Hubungan Internasional Fisip Unwahas yang mengambil mata kuliah wajib Praktik Diplomasi. Anna Yulia Hartati, S.IP, MA menyampaikan tujuan kegiatan Table manner Course agar mahasiswa lebih memahami tata cara makan dalam jamuan makan yang baik dan disiplin guna mempersiapkan diri untuk menjadi seorang diplomat.

Bagi mahasiswa Hubungan Internasional, pemahaman yang baik seputar table manner dapat mempengaruhi kesuksesan karier atau bisnis secara signifikan sebagai media lobby dan alat diplomasi sehingga kepentingan yang kita inginkan bisa tercapai.

Menurut Dr. Hj. Ismiyatun, M.Si selaku Ketua Jurusan Hubungan Internasional yang ikut mendampingi mahasiswa menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan kembali setelah 2 (dua) tahun tidak diadakan karena pandemi covid 19.

“Alhamdulillah tahun ini bisa dimulai kembali kegiatan table manner course ini, tentunya tetap dengan prokes” ujarnya. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI