BEM FMIPA Unimus Berhasil Raih Hibah PHP2D 

SEMARANG,KRJOGJA.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) tahun ini berhasil meraih hibah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dari Kemendikbud.

Hibah dengan ketua Hanung Unggul Prastawa (mahasiswa S1 Pendidikan Matematika) dengan anggota 9 mahasiswa di bawah bimbingan dosen FMIPA Eko Yuliyanto SPdSi MPd ini bekerjasama bareng dan untuk kelompok petani bawang merah Desa Tlogorejo Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak agar lebih mandiri dalam produksi dan pemasaran bawang merah asal desa tersebut.

Ketua tim PHP2D Hanung Unggul Prastawa didampingi dosen pembimbing Eko Yuliyanto SpdSi MPd kepada pers di kampus Unimus, Senin sore (12/10) menyampaikan hibah dengan judul “Penyiraman Semi Otomatis Alih Teknologi Sederhana Bagi Petani Bawang Merah di Desa Tlogorejo Karangawen Demak Menjadi Desa Mandiri” merupakan upaya penerapan teknologi tepat guna untuk membantu petani bawang merah yang semula melakukan proses dengan cara konvensional beralih dengan alat teknologi tepat guna.

“Semula kelompok petani Brambang Makmur Tlogorejo (BMT) desa Tlogorejo melalukan penyiraman bawang merah per lahan setengah hektar dengan “menawu” atau menyirami tumbuhan dengan alat alat sederhana seperti piring plastik dengan waktu penyiraman sekitar 8 jam. Namun dengan alat penyedot semi otomatis berkekuatan 2,5 HP dan bisa mengapung ini masa penyiraman butuh 3 sampai 4 jam saja. Selain itu dalam hibah 3 bulan ini (September sampai November 2020) kami juga memberi workshop workshop membantu koperasi petani bawang serta mengenalkan pemasaran lewat internet. Salah satu tujuan hibah, lewat sumber daya mahasiswa bisa ikut mengatasi permasalahan yang terjadi di desa sehingga desa bisa meningkatkan salah satu produk unggulan desa tempat kerjasama.

Sementara itu dosen pembimbing hibah PHP2D Eko Yuliyanto SPdSi MPd menyampaikan alat semi otomatis untuk petani bawang merah tersebut sudah melalui serangkaian uji coba dan sudah bisa berhasil. Langkah selanjutnya akan diserahkan pada kelompok petani bawang untuk dipergunakan bersama, dilakukan perawatan bersama dan upaya lain untuk mempermudah produksi bawang merah sampai pada pemasarannya. Program hibah yang dimbimbingnya ini lolos sebagai salah satu dari 200 judul hibah (total ajuan 2.000 judul) dari seluruh Indonesia.

Dekan FMIPA Unimus Dr Eny Winaryati MPd dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Samsudi Raharjo ST MM MT mengapresiasi kerja bagus para mahasiswa beserta dosen pembimbing hibah yang bermanfaat bagi para petani bawang merah desa Tlogorejo tersebut. Unimus berharap semakin banyak mahasiswa dan dosen Unimus bersinergi dengan desa desa lain dalam upaya bersama mengatasi atau mencari solusi permasalahan di desa guna mencapai desa yang mandiri di berbagai bidang, termasuk kemandirian bidang pangan. (sgi)

BERITA REKOMENDASI