Benarkah Konsumsi Biji Semangka Bagus untuk Jantung?

Editor: Agus Sigit

JOGJA, KRJOGJA.com – Buah semangka baik daging buahnya yang berwarna merah maupun kuning mempunyai kandungan gizi, sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

Bahkan selain dagingnya, biji semangka pun memiliki manfaat atau khasiat kesehatan dan cara mengolahnya tak rumit. Artinya pula baik daging maupun biji semangka bisa rutin dikonsumsi asal tak berlebihan.

Cara memanfaatkan daging buah semangka, misalnya dikonsumsi langsung, dibuat minuman jus sampai dicampurkan pada es buah.

Wajar pula saat Bulan Ramadhan, semangka termasuk jenis buah yang banyak diburu konsumen sebab bisa dikonsumsi langsung maupun dijadikan bahan membuat minuman segar alami.

Lalu adanya kandungan asam amino yang bisa diubah menjadi arginine melalui enzim tertentu, menjadikan daging buah semangka dapat berperan meningkatkan kesehatan organ jantung secara alami.

Sedangkan kandungan potasium pada daging buah semangka, menurut sejumlah sumber antara lain dapat berperan dalam membantu mengendalikan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Tak ketinggalan, dengan rutin mengkonsumsi daging buah semangka ataupun hasil olahannya akan mendapatkan vitamin A, sehingga bagus pula untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan mata.

Selain itu daging buah semangka ketika dikonsumsi langsung atau diolah seperti menjadi minuman jus, antara lain akan bermanfaat sebagai pembersih perut atau mendukung kesehatan sistem pencernaan secara alami.

Lalu untuk memperoleh manfaat atau khasiat kesehatan dari biji semangka, misalnya bisa dikonsumsi langsung, yakni bersamaan saat makan daging buah semangka.

Bisa juga dengan mengolah dahulu biji semangka menjadi kuaci dengan cara sederhananya cukup dengan dipanggang.

Pemanggangan biji semangka dalam oven dengan suhu 162 derajat Celcius selama sekitar 15 menit.

Agar lebih gurih dapat ditambah garam dan minyak zaitun saat proses pemanggangan. Lain halnya jika senang dengan rasa sedikit pedas, asam dan gurih, yaitu dapat ditambah bubuk cabai, garam dan perasan jeruk nipis.

Beberapa manfaat kesehatan dari biji semangka, antara lain untuk membantu menjaga serta meningkatkan kesehatan jantung.

Alasannya, di dalam biji semangka mengandung mineral magnesium yang dapat berperan menjaga fungsi jantung agar tetap bisa bekerja dengan baik dan normal.

Bahkan kandungan magnesium tersebut juga dapat menjaga tingkat tekanan darah dan mendukung proses metabolisme tubuh tetap bisa berjalan baik.

Tak kalah penting, dengan rutin mengkonsumsi asupan berbahan biji semangka akan berperan mendukung imunitas atau tingkat kekebalan tubuh secara alami.

Alasannya nutrisi yang terkandung pada biji semangka seperti vitamin B, zat besi dan magnesium bagus untuk mendukung sistem imun di tubuh.

Sedangkan kandungan protein dalam biji semangka, misalnya dapat menjaga dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Ditambah lagi nutrisi zinc di dalam biji semangka bisa berperan meningkatkan produksi melanin yang mendukung kesehatan rambut seperti halus dan berkilau.

Selain itu biji semangka juga bisa membantu mengendalikan kadar gula darah. Dengan kata lain, bisa membantu mencegah resistensi insulin di dalam tubuh ataupun ikut mencegah terkena diabetes.

 

 

BERITA REKOMENDASI