Beragam Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Bahasa Jawa

SEMARANG,KRJOGJA.com-Permasalahan terkait pembelajaran jarak jauh (PJJ) semakin beragam, tidak terkecuali untuk pelajaran Bahasa Jawa. Guru harus mengidentifikasi berbagai permasalahan tersebut sebagai bekal meningkatkan kualitas pembelajaran di era pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Demikian salah satu bahasan yang mengemuka dalam seminar online (webinar) melalui zoom dan Youtube “Pembelajaran Bahasa Jawa di Era Pandemi: Tantangan dan peluang” yang diselenggarakan Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (Unnes), Kamis (30/7/2020). Webinar kerja sama Unnes dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa SMP dan SMA Kabupaten Kudus ini diikuti 200-an guru.

Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa Unnes Mujimin mengatakan terkait akses pembelajaran, penting bagi guru untuk mengidentifikasi permasalahan yang dialami peserta didik. Ketika pandemi, permasalahan itu terutama terkait dengan akses supaya materi yang disampaikan bisa diterima dan dipahami dengan baik oleh siswa. Oleh sebab itu, antar-siswa bisa memiliki masalah berbeda.

BERITA REKOMENDASI