Berkat TMMD, Warga Tak Mampu Bisa Nikmati Rumah Layak

SEMARANG, KRJOGJA.com – 10 warga tak mampu di wilayah Kelurahan Plamongan Sari Kecamatan Pedurungan Semarang, tak terbendung menahan rasa haru karena mereka kini memiliki rumah yang layak dihuni setelah direhab dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III. 

Penyerahan rumah secara resmi dilakukan setelah TMMD Tahap III ditutup oleh Dandim 0733 BS Semarang Kol Inf M Taufiq Zega dan hasilnya diserahkan secara resmi kepada Sekda Kota Semarang Agus Riyanto, Selasa (13/11/2018) di lapangan Plamongansari Semarang.

Dalam laporan Perwira Seksi Teritorial Dim 0733 BS Semarang, Mayor Inf Susanto, TMMD Sengkuyung Tahap III juga membangun jalan paving di RT 1 RW 11 dengan volume 200 m2. Selain itu membangun saluran air di RT 04 RW 02 dengan volume 100m2, membangun talud saluran di RT 02 RW 11 dengan volume 200m2 dan membuat instalasi air bersih pada Mushola Itikaf di RT 03 RW 09.

Selain memperbaiki 10 rumah warga tak mampu yang kedapatan dalam kondisi tak layak huni, TMMD Sengkuyung tahap III yang digelar Kodim 0733 BS Semarang untuk membantu percepatan pembangunan wilayah ini juga membuatkan 2 unit jamban untuk rumah warga yang belum memiliki jamban.

TMMD Sengkuyung Tahap III menurut Dandim 0733 BS Semarang Kolonel Inf M taufiq Zega digelar sejak 15 Oktober dan selesai 13 Nopember 2018. Selain sasaran fisik, TMMD Sengkuyung III juga menyelenggarakan pasar murah, pengobatan gratis bagi warga sekitar, layanan pemasangan alat kontrasepsi KB dan penyuluhan KB, donor darah, layanan administrasi kependudukan, sosialisasi wawasan kebangsaan, bela negara dan kamtibmas, serta penyuluhan bidang kesehatan dan pola asuh anak dan remaja.

Dalam amanat KASAD Jenderal TNI Mulyono yang dibacakan Dandim 0733 BS Semarang saat bertindak sebagai Inspektur Upacara diungkapkan bahwa, semangat kebersamaan seperti yang dilakukan dalam TMMD Sengkuyung Tahap III merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa dan harus terus dibangun serta dipelihara.

KASAD dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para Gubernur, Bupati, Walikota serta instansi kementrian terkait dan khususnya kepada masyarakat dalam mewujudkan pembangunan daerah melalui TMMD Sengkuyung Tahap III.

Tas'an, warga yang rumahnya diperbaiki prajurit TNI melalui TMMD Sengkuyung Tahap III menyatakan terima kasih. "Sebelumnya saya tak pernah punya rencana memperbaiki rumah karena saya tidak punya cukup uang untuk membeli material dan membayar ongkos pekerja. Tapi sekarang bapak-bapak dari TNI dan masyarakat bisa membantu saya memiliki rumah yang nyaman dihuni. Saya sampaikan terima kasih dan semoga Tuhan membalas semua amal kebaikan bapak-bapak yang terlibat di TMMD," ujar Tas'an.

Hal sama juga disampaikan ibu Sarinah yang tinggal di RT 01 RW 09. Rumahnya yang semuka berupa rumah kayu yang disusun tak beraturan mirip kandang sapi, kini direhab menjadi rumah layak huni dengan dinding tembok berjendela dan berlantai plesteran semen.

"Rumah saya sudah berubah banyak. Sekarang justru seperti rumah, tidak seperti sebelum dibangun bapak-bapak tentara," ungkap ibu Sarinah. (Cha)

BERITA REKOMENDASI