Besok, Rudi Hartono Dikukuhkan Sebagai Guru Besar FBS Unnes

SEMARANG,KRJOGJA.com- Dosen Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Dr Rudi Hartono SS MPd Rabu besok (16/9/2020) di kampus Unnes dikukuhkan sebagai Guru Besar (Profesor) bidang Ilmu Linguistik Penerjemahan.

Guru Besar lulusan S3 UNS, S2 UPI dan S1 Unpad ini akan melakukan pidato pengukuhan “Online-Based Tripartite Cycle Model” (Model Penerjemahan Kolaboratif Berbasis Daring) berdasarkan sejumlah hasil penelitian yang telah dilakukan dan presentasi di berbagai seminar beberapa tahun belakangan ini. Prof Rudi Hartono berharap pidato pengukuhannya dapat memberi kontribusi signifikan secara teoretis dan praktis bagi dunia penerjemahan, khususnya para akademisi dan praktisi yang menggeluti bidang penerjemahan.

“Tugas penerjemah ibarat berenang menyeberangi sungai deras atau lautan dalam atau juga memasuki hutan rimba dengan banyak hewan buas di dalamnya. Agar bisa melewati semua rintangan itu, banyak cara bisa dilakukan. Misalnya menguasai gaya berenang yang bisa menyelamatkan atau memasuki hutan rimba dan belantara dengan ilmu yang cukup dan peralatan survival yang lengkap. Namun ada satu hal yang paling penting, yaitu seberangi sungai dan lautan serta masuki hutan belantara sesering mungkin bersama orang-orang profesional, agar kita menjadi perenang hebat dan pengembara kuat berhasil selamat sampai tujuan” ujar suami dari Ani Rahdiyani dan ayah dari Nur Islami Dini Hanifah SGz MGz serta Nur Hilmi Insan Muhammad kepada pers, Selasa (15/9/2020).

BERITA REKOMENDASI