Betonisasi Jalan Pemuda Dilanjutkan

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL (KRjogja.com) – Pembangunan jalan berupa pembetonan di jalur pantura Kendal tepatnya Jalan Pemuda dilanjutkan. Tahun lalu ruas jalan tersebut telah dibeton sekitar 100 meter yang dimulai dari depan Jalan Notomudigdo ke arah barat hingga depan Rumah Dinas Bupati Kendal. Tahun ini betonisasi Jalan Pemuda dilanjutkan mulai dari depan tikungan Polres Kendal hingga di pertigaan Makodim Kendal. Panjang jalan yang dibeton sepanjang 1,1 kilometer dengan lebar delapan meter.

 

Kabid Bina Marga Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air, Energi dan Sumber Daya Mineral Kendal Sugeng Prayitno, mengatakan, betonisasi ruas jalan tersebut melanjutkan proses pembangunan tahun lalu. Proyek itu dimulai 19 Agustus 2016 dan selesai 16 Desember 2016. Sebagai kontraktor pelaksana PT Fajar Abadi Utama dan konsultan pengawas CV Mekar. ''Anggaran berasal dari Banprov Jateng dengan nilai Rp 9,958 miliar,'' ujar Sugeng Rabu (7/9).

Pihaknya menjelaskan, tahap pertama pembetonan dimulai dari depan mapolres hingga depan Jalan Notomudigdo. Jalan tersebut akan dibeton dengan ketinggian 35 cm dengan lapisan bawah berupa semen dengan ketebalan antara 7-12 cm atau sesuai dengan kontur jalan. Lapisan bawah tersebut bertujuan untuk meratakan kondisi jalan sebelum dicor. Pembetonan dilakukan satu lajur dulu yakni di sisi selatan jalan. Setelah sisi selatan bisa dilalui, dilanjutkan sisi utara.

Pembetonan itu sebagai upaya meningkatkan kondisi jalan di Kabupaten Kendal. Ruas Jalan Pemuda sebelumnya kerap rusak dan berlubang karena berupa aspal. Jika tidak dibeton, tentu setiap tahun akan terjadi kerusakan, apalagi jika musim hujan. Kawasan itu dipastikan selalu berlubang, karena dilalui berbagai jenis kendaraan berat. ''Target kami Desember mendatang betonisasi selesai,'' tuturnya. (Ung)

Pembetonan jalan Pemuda menyebabkan kemacetan. (Foto: Unggul)

BERITA REKOMENDASI