BINUS Kampus ‘Intoleran’, Siap Coret Alumnus Plagiat dan Korupsi

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Universitas & Sekolah BINUS (Bina Nusantara) menerapkan intoleran terhadap pelanggaran-pelanggaran etika hingga kriminal terhadap mahasiswa/siswa hingga alumnusnya.  Hal ini diungkapkan oleh Rektor BINUS University Prof Dr Ir Harjanto Prabowo MM, Senin (16/5/2022) saat Bincang Santai dan Temu Media di Kampus BINUS@Semarang, komplek Pearl Ocean Java (POJ) City Marina Semarang.

Prof Harjanto menegaskan, sikap perguruan tinggi dan kampus BINUS ini merupakan bagian dari integritas dan karakter yang sudah menjadi komitmen. “Jadi kalau ada mahasiswa atau siswa kami yang menyontek dan plagiat dalam melaksanakan pembelajaran, sudah pasti akan kami drop out (DO). Tidak hanya itu, para alumnus misalnya yang kedapatan dan tertangkap KPK  melakukan korupsi atau perbuatan mendukung tindak korupsi, akan kami hapus dalam daftar alumni. Bahkan akan kami coret ijasahnya. Ini sudah menjadi komitmen kami dan didukung oleh segenap alumni kampus maupun perguruan tinggi BINUS,” ungkap Rektor BINUS University, Prof Dr Ir Harjanto Prabowo MM.

Sikap tegas yang intoleran terhadap pelanggaran, bahkan korupsi ini mungkin baru BINUS yang berani mendeklarasikannya secara terbuka. Hal ini tidak tanpa alasan, karena lembaga Pendidikan yang berdiri terbesar di Kota Semarang dan berada di Kawasan elit pinggi pantai ini menurut Harjanto tidak ingin hanya menghasilkan pribadi yang cerdas saja, namun lebih bisa bermanfaat bagi orang lain dengan mengedepankan karakter dan integritas. Inti dari harapan adalah bisa mengubah Indonesia menjadi lebih baik dan maju menjadi terbaik dunia.

BINUS merupakan Lembaga Pendidikan yang sudah memiliki nama dan diperhitungkan karena melahirkan ribuan alumni dan tersebar di seluruh dunia. Kehadirannya di Kota Semarang ini diperkenalkan akan mewarnai dunia Pendidikan di Jawa Tengah dengan mengusung konsep Pendidikan Berkelas Dunia. Beberapa penghargaan antara lain Akreditasi Institusi perguruan Tinggi (AIPT) – BAN PU klasifikasi A pada 2016. Selain itu meraih AWARDES World’s 5 Star University By QS, Top 500 University for 2020, ABET Engineering Acreditation Commission serta Asean University Network.

Diungkapkan lebih lanjut oleh rektor, bahwa universitasnya memiliki beberapa program studi, antara lain Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual, dan Teknik Industri. Adapun kampus ada di Jakarta, Bandung, Malang dan Semarang.

“  Yang beda dengan perguruan tinggi lain, mahasiswa kami memiliki kesempatan mengikuti perkuliahan di kampus-kampus BINUS di kota-kota lain pada semester berikutnya. Demikian pula juga bisa memilih program studi lainnya sebagai bentuk fasilitas guna menjawab kebutuhan Revolusi Industri 4.0,” ungkap Harjanto.

Sementara Elsie L Bait, BINUS School Semarang Principal menambahkan bahwa meski pensisik berbasis internasional namun Pendidikan karakter juga mengedepankan ke-Indonesiaan dengan tetap memiliki landasan ideologi dan karakter bangsa. “Pendidikan Pancasila, PPKN dan pendekatan kultur tetap menjadi pedoman pendidikan di  BINUS,” ungkap Elsi L Bait, didampingi Michael Wijaya Hadipoespito BSc MBA President of BINUS School Education & Vice President BINUS Higher Education, Stepehen Wahyudi Santoso BSE, MSIST CBDMP Chief Operating Officer BINUS, serta Dr Ir Boto Simatupang, Campus Director BINUS Semarang. (Cha)

BERITA REKOMENDASI