BKD Siap Proses Tukar Guling Tanah PT SCI

Editor: Ivan Aditya

SALATIGA, KRJOGJA.com – Badan Keuangan Daerah (BKD) Salatiga yang membidangi tanah aset daerah siap untuk memproses tukar guling tanah aset yang kini disewa oleh pabrik sepatu PT Selalu Cinta Indonesia (SCI) Salatiga.

Kepala BKD Salatiga, Adhi Isnanto dihubungi Krjogja.com mengenai tindaklanjut dari kunjungan (sidak) DPRD Salatiga ke lokasi aset tanah di kompleks PT SCI Salatiga, pada Selasa (11/06/2019) lalu, ia  mengatakan pihaknya siap memproses permohonan tukar guling tanah dari PT SCI, dan dari keterangan yang diperoleh,  saat ini pihak pabrik masih mencari tanah penggantinya.

“Kalau PT SCI sudah siap dengan tanah penggantinya, maka tahapan tukar guling akan kami proses dan dijalankan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tandas Adhi Isnanto, Kamis (13/06/2019).

Ditanya mengenai persyaratan tukar guling ini, ia menjelaskan bahwa nilai tanah antara tanah aset daerah yang ditukar dengan tanah pengganti harus sebanding. Kemudian apabila tanah pengganti sudah ada akan turun tim apresial yang akan meneliti tanah tersebut apakah sudah sesuai ketentuan atau belum.

“Diharapkan keberadaan tanah pengganti yang disiapkan oleh PT SCI lokasinya masuk wilayah Kota Salatiga,” tandas Adhi Isnanto.

Diketahui PT SCI menyewa tanah aset daerah Pemkot Salatiga seluas 8 hektare dengan nilai sewa Rp 1,3 miliar selama dua tahun. Tanah aset ini sudah didirikan fasiltas perusahaan diantaranya untuk lahan parkir. DPRD Salatiga pada Senin lalu melakukan sidak dipimpin Ketua DPRD, Teddy Sulistio. (Sus)

BERITA REKOMENDASI