BPN Kendal Akhirnya Batasi Berkas Notaris 5 Berkas Perhari

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRJOGJA.com – Adanya fenomena antrian dinihari di depan Kantor Pertanahan (ATR/BPN), membuat pihak BPN angkat bicara. Machmud Kasubag Umum menjelaskan saat ini pemberkasan yang dilakukan oleh Notaris memang dibatasi karena demi pemerataan. 

"Selama ini pengajukan berkas oleh Notaris tidak dibatasi, ada yang membawa 30  berkas sekali datang sehingga kasihan mereka yang mengajukan sendiri,"ujar Machmud.

Untuk itu pihaknya saat ini membatasi dengan membuat peraturan setiap notaris hanya dibatasi 5 berkas. " Setiap notaris kami batasi hanya maksimal 5 berkas dan sudah di sepakati bersama dengan notaris,"lanjutnya. 

Pembatasan pemasukan berkas ternyata tidak hanya banyaknya berkas dalam setiap pengajuan notaris namun juga antrian. Pasalnya meski sudah mendapatkan nomor antrian akan tetapi tidak jaminan untuk bisa memasukan berkas.

Salah satu notaris Budi menjelaskan dalam prakteknya antrian baru sampai 5 sistem sudah eror sehingga tidak bisa menambah nomor antrian lagi dan terpaksa menunggu keesokan harinya. "Pernah suatu ketika baru sampai antrian ke 3 sistem eror sehingga proses terhenti, mereka nomor urut yang berdekatan dengan nomor terakhir tidak bisa langsung mennggalkan tempat meski belum ada kepastian terproses apa nggak,"ujar Budi.

Seperti  diberitakan sebelumnya antrian dini hari terjadi di depan kantor BPN Kendal terkait pemasukan berkas, pasalnya jika tidak dilakukan naka berkas tidak bisa diproses. (Ung)

BERITA REKOMENDASI