BUMDes Bumi Mandiri Desa Bumiayu Diresmikan

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRJOGJA.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Bumi Mandiri milik Desa Bumiayu Kecamatan Weleri Minggu (2/2) diresmikan pengoperasianya. Camat Weleri Nur Kholis menandai peresmian dengan membuka tirai dan pemotongan tumpeng. Kepada pengelola BUMDes Nur Kholis berperan agar masyarakat memanfaatkannya agar bisa terus berkembang.

"BUMDes ini dibentuk agar masyaralat terbantu dan desa bisa mempunyai pemasukan dari usaha yang  dibuat,"ujar Nur kholis.

Kepala Desa Bumiayu Muhammad Johan menjelaskan jika BUMDes Bumi Mamdiri yang sudah dirintis tahun lalu tersebut ada 5 unit usaha. Kelima jenis usaha diantaranya usaha pengelolaan air berseraih, unit pengelolaan sampah, usaha foto copy, usaha persewaan alat proyek dan usaha wisata UMKM.

"BUMDes sebenarnya sudah kami bentuk tahun lalu, hari ini kami resmikan agar masyarakat mengetahui jika di desa Bumiayu sudah ada dan masyarakat bisa menikmatinya,"ujar Johan.

Diantara kelima unit, yang menarik adalah usaha wisata dan Kuliner UMKM yang berada di embung. Di sekitar embung ada berbagai makanan khas dari Desa Bumiayu. "Penghasilan dari BUMDes, tahun lalu ada keuntungan hingga Rp.30 juta dan kami berharap tahun – tahun mendatang bisa lebih besar,"lanjutnya.

Sementara itu Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kendal Kardiantoro mengtakan khusus wisata embung pihaknya memastikan akan menjado bagus jika dikelola dengan baik. "Wisata di sekitar embung menarik karena ada tampungan air raksasa yang bisa dimanfaatkan untuk memancing,"ujar Kardi.

Pihaknya akan membantu agar semua tempat wisata bentukam pokdarwis bisa mendapatkan bantuan gubernur. (Ung)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI